Pengaruh model problem based learning berbantuan e-modul geocub berbasis etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa

WIDIANINGRUM, EVI (2023) Pengaruh model problem based learning berbantuan e-modul geocub berbasis etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Hal Judul.pdf - Published Version

Download (754kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (436kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (668kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (57kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstrak

Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa terlihat dari hasil tes studi pendahuluan yang diikuti oleh 32 siswa kelas VIII A SMP 3 Bae Kudus diperoleh nilai rata-rata 31,5. Tujuan penelitian ini yaitu, (1) menguji rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakaan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan dengan “E-modul Geocub berbasis etnomatematika” dapat mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimum, (2) menguji rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model Problem Based Learning berbantuan dengan E-modul Geocub berbasis etnomatematika lebih baik dibandingkan dengan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan pembelajaran langsung, (3) menguji terdapat perbedaan peningkatan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan dengan E-modul Geocub berbasis etnomatematika dengan rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif, dengan bentuk penelitian the nonequivalent pretest-posttest control group design. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling dimana VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII B sebagai kelas kontrol. Analisis data awal yang digunakan meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji kesamaan rata-rata, serta analisis data akhir meliputi uji t satu sampel, uji t dua sampel independent, dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakaan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan dengan “E-modul Geocub berbasis etnomatematika” dapat mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimum, (2) rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model Problem Based Learning berbantuan dengan E-Modul Geocub berbasis etnomatematika lebih baik dibandingkan dengan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan pembelajaran langsung, (3) terdapat perbedaan peningkatan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan dengan E-Modul Geocub berbasis etnomatematika dengan rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung. Simpulan penelitian ini yaitu terdapat pengaruh model Problem Based Learning berbantuan E-Modul Geocub berbasis etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: Dr. Sumaji, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing II: Savitri Wanabuliandari, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Problem Based Learning, E-Modul Geocub, Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 18 Feb 2024 20:46
Last Modified: 18 Feb 2024 20:46
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20278

Actions (login required)

View Item View Item