WIDIANINGRUM, EVI (2023) Pengaruh model problem based learning berbantuan e-modul geocub berbasis etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
Hal Judul.pdf - Published Version Download (754kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (187kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (436kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (347kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (668kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (57kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (195kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstrak
Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa terlihat dari hasil tes studi pendahuluan yang diikuti oleh 32 siswa kelas VIII A SMP 3 Bae Kudus diperoleh nilai rata-rata 31,5. Tujuan penelitian ini yaitu, (1) menguji rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakaan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan dengan “E-modul Geocub berbasis etnomatematika” dapat mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimum, (2) menguji rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model Problem Based Learning berbantuan dengan E-modul Geocub berbasis etnomatematika lebih baik dibandingkan dengan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan pembelajaran langsung, (3) menguji terdapat perbedaan peningkatan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan dengan E-modul Geocub berbasis etnomatematika dengan rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif, dengan bentuk penelitian the nonequivalent pretest-posttest control group design. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling dimana VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII B sebagai kelas kontrol. Analisis data awal yang digunakan meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji kesamaan rata-rata, serta analisis data akhir meliputi uji t satu sampel, uji t dua sampel independent, dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakaan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan dengan “E-modul Geocub berbasis etnomatematika” dapat mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimum, (2) rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model Problem Based Learning berbantuan dengan E-Modul Geocub berbasis etnomatematika lebih baik dibandingkan dengan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan pembelajaran langsung, (3) terdapat perbedaan peningkatan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan dengan E-Modul Geocub berbasis etnomatematika dengan rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung. Simpulan penelitian ini yaitu terdapat pengaruh model Problem Based Learning berbantuan E-Modul Geocub berbasis etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing I: Dr. Sumaji, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing II: Savitri Wanabuliandari, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Problem Based Learning, E-Modul Geocub, Kemampuan Pemecahan Masalah |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 18 Feb 2024 20:46 |
Last Modified: | 18 Feb 2024 20:46 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20278 |
Actions (login required)
View Item |