Nisa, Yulia Khoirun (2023) Analisis kesulitan belajar siswa kelas ii pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah Di sdn 2 kuanyar mayong jepara. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (420kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (147kB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (160kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (124kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (484kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (24kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (163kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstrak
Kesulitan belajar matematika siswa kelas II khususnya pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah masih sering terjadi. Hal ini dibuktikan dengan nilai Penilaian Akhir Tahun (PAT), juga wawancara dan observasi pada muatan matematika kelas II di SDN 2 Kuanyar Mayong Jepara. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa bentuk kesulitan belajar siswa materi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah. Kesulitan belajar adalah suatu kondisi siswa dimana mereka kurang mampu menghadapi tantangan yang harus dilakukan dalam proses pembelajaran. Bentuk-bentuk kesulitan belajar matematika antara lain: (1) kesulitan memahami konsep, (2) kesulitan melakukan operasi bilangan, (3) kesulitan masalah soal cerita, dan (4) kesulitan membedakan simbol matematika. Penelitian ini akan dilaksanakan di SDN 2 Kuanyar Kecamatan Mayong Kabupeten Jepara dengan subjek penelitian 3 siswa kelas II. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian didapat dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh dengan triangulasi sumber data, teknik, dan waktu dalam penelitian. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan dengan menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan kesulitan belajar siswa berupa kesulitan pemahaman konsep, kesulitan penjumlahan bilangan ratusan, tidak tahu pengurangan, dan kurangnya pemahaman simpan dan pinjam. Kesulitan operasi bilangan, tidak tahu cara hitung susun, penjumlahan bilangan ratusan, dan penjumlahan/pengurangan yang memerlukan simpan pinjam. Kesulitan menyelesaikan soal cerita, seperti karena masih mengeja, tidak tahu maksud soal, dan tidak bisa menuliskan kedalam kalimat matematika. Kesulitan membedakan simbol, berupa tidak dapat membedakan simbol penjumlahan/pengurangan dalam soal cerita. Bentuk kesulitan belajar siswa adalah kurangnya pemahaman konsep, kesulitan melakukan operasi bilangan, kesulitan menyelesaikan soal cerita, dan kesulitan membedakan simbol.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing I : Lovika Ardana Riswari, S.Pd. Dosen Pembimbing II :Dr. Gunawan Setiadi, S.IP., M.Pd. |
Kata Kunci: | Kesulitan Belajar Matematika, Penjumlahan Pengurangan Bilangan Cacah. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 19 Feb 2024 00:21 |
Last Modified: | 19 Feb 2024 00:21 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20283 |
Actions (login required)
View Item |