Peran guru kelas dalam membentuk karakter sopan santun anak di sdn 5 mulyoharjo jepara

PRAMONO, HANATIN LATIFAH (2023) Peran guru kelas dalam membentuk karakter sopan santun anak di sdn 5 mulyoharjo jepara. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (370kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (728kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru kelas dalam pembentukan karakter siswa di SDN 5 Mulyoharjo, dengan rumusan masalah Bagaimana peran guru dalam membentuk karakter sopan santun pada anak di SDN 5 Mulyoharjo dan mengetahui faktorpenghambat serta solusi pembentukan karakter sopan santun pada anak di SDN 5 Mulyoharjo. Penelitian ini membahas tentang peran guru dalam menerapkan karakter sopan santun. Peran guru sebagai pendidik, pelatih, pembimbing, motivator, evaluator sangatlah berpengaruh kepada siswanya. Fungsi guru kelas sebagai pengelola kelas dapat mengenal dan memahami situasi kelasnya. menyelenggarakan administrasikan kelas ,memberikan motivasi kepada siswa agar belajar sungguh-sungguh baik di sekolah maupun di luar sekolah dan memantapkan siswa di kelasnya, dalam melaksanakan tatakrama, sopan santun, tata tertib baik di sekola maupun di luar sekolah karena budi pekerti dan sopan santun pada sangat penting karena dapat menjadi acuan siswa tersebut berperilaku dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif sebagai tahapan dalam melaksanakan penelitian. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 5 Mulyoharjo Kecamatan Jepara Kabupaten Jepara, dengan mengambil subjek guru kelas dan siswa sebagai subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data meliputi tahap observasi, wawancara, dokumentasi dan pencatatan. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data naratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan dalam menanamkan sikap sopan santun pada siswa dengan cara memberi contoh tindakan sopan santun, membuat kesepakatan kelas, dan memberi restitusi jika anak berbicara tidak sopan. Bukan hanya itu, guru menjadi panutan sehingga guru harus bersikiap sopan santun agar menjadi model yang baik dalam menanamkan nilai-nilai sopan santun.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I : Dr. Erik Aditia Ismaya, M.A. Dosen Pembimbing II :Dr. Wawan Shokib Rondli, M.Pd.
Kata Kunci: Peran Guru dan Sopan Santun
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 19 Feb 2024 00:29
Last Modified: 19 Feb 2024 00:29
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20284

Actions (login required)

View Item View Item