Proses kreativitas karya dekoratif siswa dalam pembelajaran project based learning (pjbl) pada kelas iv sd 5 gondangmanis kabupaten kudus

SARI, WIDYA SINTA KUMALA (2023) Proses kreativitas karya dekoratif siswa dalam pembelajaran project based learning (pjbl) pada kelas iv sd 5 gondangmanis kabupaten kudus. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (539kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (262kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III ..pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (921kB) | Request a copy

Abstrak

Dalam pembelajaran seni rupa memiliki kemampuan kreativitas siswa karakteristik yang berbeda-beda, sehingga siswa tidak dapat mengetahui potensi kreativitas dalam dirinya. Oleh karena itu, guru membantu dan memfasilitasi berbagai keterampilan untuk mengembangkan kreativitas siswa melalui pembelajaran yang aktif salah satunya adalah project based learning. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran project based learning dalam pelajaran seni budaya dan hasil kreativitas siswa dalam membuat karya dekoratif pada kelas IV SD 5 Gondangmanis. Kreativitas adalah suatu cara untuk menghasilkan ide-ide yang baru dan unik. Karya dekoratif adalah salah satu materi pada pembelajaran seni rupa yang dipelajari disekolah. Dalam pembelajaran untuk mengembangkan kreativitas siswa dan kualitas pembelajaran dapat menggunakan model pembelajaran project based learning yaitu model pembelajaran yang menggunakan proyek atau kegiatan sebagai inti permasalahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan naratif dilaksanakan di kelas IV SD 5 Gondangmanis. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif Milles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran project based learning dalam pembelajaran seni budaya membuat karya dekoratif menunjukkan “sudah muncul” dengan guru mengajukan pertanyaan esensial, menuntun siswa membuat rencana desain proyek, membuat jadwal pelaksanaan proyek, melakukan pengawasan saat kegiatan siswa dan menilai keberhasilan siswa dalam menyelesaikan proyek. Sehingga siswa dalam pembelajaran dapat menghasilkan proyek dengan “sangat berkembang” sesuai indikator kreativitas yang diamati yaitu kelancaran, fleksibilitas, keaslian dan elaborasi. Penelitian ini hendaknya guru dapat menggunakan model pembelajaran inovatif yang disesuaikan dengan karakteristik siswa, dan dengan adanya hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai referensi di masa yang akan datang.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: Dr. Nur Fajrie, S. Pd., M. Pd. Dosen Pembimbing II: Lintang Kironoratri, M. Pd.,
Kata Kunci: Kreativitas, Karya Dekoratif, Project Based Learning
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 19 Feb 2024 18:07
Last Modified: 19 Feb 2024 18:07
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20289

Actions (login required)

View Item View Item