Analisis pelaksanaan kegiatan ekstrakulikuler pramuka dalam membentuk karakter disiplin terhadap siswa kelas iv sdit khadijah jakenan

SYAHPUTRA, ANGGA RIZKY GAGAH (2023) Analisis pelaksanaan kegiatan ekstrakulikuler pramuka dalam membentuk karakter disiplin terhadap siswa kelas iv sdit khadijah jakenan. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
SKRIPSI ANGGA RIZKY G. S.HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (804kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
SKRIPSI ANGGA RIZKY G. S. BAB I.pdf - Published Version

Download (456kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
SKRIPSI ANGGA RIZKY G. S. BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (748kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
SKRIPSI ANGGA RIZKY G. S. BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (374kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
SKRIPSI ANGGA RIZKY G. S. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
SKRIPSI ANGGA RIZKY G. S. BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
SKRIPSI ANGGA RIZKY G. S. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (487kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
SKRIPSI ANGGA RIZKY G. S LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Tampaknya hanya mengandalkan proses pembelajaran di kelas untuk mengembangkan disiplin tidaklah cukup. Program-program lain dari sekolah diperlukan untuk penanaman karakter disiplin. Salah satu program yang terdapat pada SDIT Khadijah Jakenan adalah Ekstrakulikuler pramuka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Implementasi kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam membentuk karakter disiplin siswa kelas IV SDIT Khadijah Jakenan, dan 2) faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi karakter disiplin siswa kelas IV pada kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SDIT Khadijah Jakenan. Penelitian ini dilakukan di SDIT Khadijah Jakenan, Kecamatan Jakenan, Kabupaten Pati. Ektrakulikuler adalah kegiatan di luar kelas seperti seni lukis, olahraga, beladiri, musik, dan pramuka yang berfokus pengembangan bakat siswa dan membentuk kepribadian sikap disiplin, mandiri, jujur. Pramuka merupakan salah satu program sekolah dengan tujuan meningkatkan dan pembentukan karakter berkelanjutan pada siswa. Siswa harus senantiasa melatih disiplinnya, dimulai dengan menggunakannya dalam aktivitas sehari-hari dengan memperhatikan beberapa aspekdisiplin, diantaranya : disiplin waktu, disiplin menaati aturan, disiplin sikap, dan disiplin menjalankan ibadah. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV, guru kelas IV, pelatih pramuka, dan kepala sekolah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan metode studi kasus dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukan Pelaksanaan program kegiatan pramuka di SDIT Khadijah Jakenan dilaksanakan setiap hari sabtu pukul 07.30-09.00 yang diikuti kelas 3 dan 4, kegiatan awal dengan upacara pembukaan, PBB, istirahat, dilanjut dengan materi yang berbeda disetiap minggunya. Kegiatan ekstrakurikuler pramuka juga dijadikan sebagai sarana untuk membentuk karakter siswa lebih disiplin. Faktor yang mempengaruhi karakte disiplin siswa ada dua, diantaranya: 1) Faktor internal, Kepatuhan disini bukan hanya karena adanya tekanan-tekanan dari luar, melainkan kepatuhan yang didasari oleh adanya kesadaran tentang nilai dan pentingnya eraturan-peraturan, dan 2) Faktor Eksterrnal, faktor pendukung tidak hanya dari pembiasaan, kesadaran siswa, tindakan guru, nasihat saja. namun faktor lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat juga berpengaruh pada faktor menunjang terbentuknya karakter disiplin siswa. Setiap pelaksanaan kegiatan pramuka terdapat beberapa jenis-jenis kegiatan pramuka yang membantu siswa dalam memperoleh materi kepramukaan. kegiatan ekstrakurikuler bisa saja mempengaruhi karakter siswa, bergantung pada jenis kegiatannya. Tujuan utama kegiatan ekstrakurikuler pramuka yang salah satunya untuk membina siswa agar disiplin dalam segala hal.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: Ari Ika Pratiwi, M.Pd Dosen Pembimbing II: M. Syafruddin Kuryanto, S. Si., M. Or
Kata Kunci: Ekstrakulikuler, Pramuka, Karakter Disiplin siswa.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 19 Feb 2024 18:21
Last Modified: 19 Feb 2024 18:21
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20291

Actions (login required)

View Item View Item