WATI, SRI (2023) Pengembangan media pembelajaran pondasi (pondok cerdas inspirasi) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA dengan mengembangkan produk media pembelajaran PONDASI (pondok cerdas Inspirasi pada siswa kelas V SDN Kotakan 1 materi ekosistem. PONDASI (Pondok Cerdas Inspirasi) merupakan sebuah media (alat) yang bertujuan untuk memancing belajar siswa sambil bermain sehingga akan dapat meningkatkan pemahaman keterampilan berpikir kritis siswa. Merujuk pada hal itu, tentu media pembelajaran PONDASI sangat penting digunakan sebagai media belajar karena akan membimbing siswa secara aktif untuk menggali informasi dan bisa memperbanyak wawasan dan strategi ketika belajar. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Devalopment (R&D), dengan subyek penelitian 26 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki, 12 siswa perempuan dan guru yang berlangsung selama 2 uji coba lapangan.Prosedur penelitian yang digunakan terdiri dari potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validitas desain, revisi desain, uji coba terbatas, revisi produk, uji coba luas. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan validasi media PONDASI, keefektifan media PONDASI. Hasil Penelitian ini menunjukan adanya peningkatan pada keterampilan berpikir kritis siswa. penilaian ahli materi dan ahli media, diperoleh hasil akhir validator I dengan skor 4,2 dengan kategori sangat valid dan validator II dengan skor 4,2 dengan kategori sangat valid. hasil angket kebutuhan siswa tersebut, dapat disimpulkan bahwa kelayakan isi dalam media pembelajaran baik yakni sebesar 3,75. Untuk bahasa yang digunakan dalam media PONDASI cukup yakni sebesar 3,25. Efisiensi waktu dalam penggunaan media pembelajaran terdapat 4 dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan tabel diatas Rata-rata N-Gain skor 0,8574 > 0,7 sehingga dikatakan tinggi. Rata-rata N-Gain persen 85,7424 > 76% sehingga dikatakan efektif. Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan uji coba skala luas dengan menggunakan media pembelajaran PONDASI (pondok cerdas inspirasi) dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa di kelas V SDN Kotakan 1.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing I: Dr. Khamdun, S.Pd., M.Pd, Dosen Pembimbing II: Sekar Dwi Ardianti, S.Pd., M.Pd, |
Kata Kunci: | Media PONDASI (Pondok Cerdas Inspirasi); Keterampilan Berpikir kritis |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 19 Feb 2024 19:20 |
Last Modified: | 19 Feb 2024 19:20 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20295 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
