SARI, INTAN KURNIA (2023) Upaya meningkatkan hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran problem solving dengan media uta (ular tangga asik) kelas iii sd. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
Hal Judul.pdf - Published Version Download (499kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (414kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (514kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (661kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (919kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (257kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (486kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstrak
Proses pembelajaran masih berfokus pada guru sebagai sumber utama informasi, siswa hanya sebagai pendengar dan kurang tepatnya pengoptimalan model pembelajaran. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar yang diperoleh terdapat 4 siswa telah tuntas dengan persentase 34% dan 8 siswa belum tuntas dengan persentase 66%. Masalah dalam penelitian ini bagaimana peningkatan hasil belajar siswa kelas III SD 1 Tanjungrejo dengan menggunakan model pembelajaran Problem Solving dengan media UTA. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas III SD 1 Tanjungrejo menggunakan model pembelajaran Problem Solving dengan media UTA. Hasil belajar merupakan indikator yang dapat dijadikan acuan untuk mengetahui kemajuan belajar siswa. Problem Solving merupakan suatu model pembelajaran yang memusatkan keterampilan pemecahan masalah yang diikuti dengan penguatan keterampilan. Media UTA (Ular Tangga Asik) adalah sebuah sebuah media pembelajaran berbasis permainan penunjang pembelajaran matematika. Penelitian Tindakan Kelas ini akan dilaksanakan di kelas III SD 1 Tanjungrejo dengan subjek penelitian 12 siswa dan guru yang berlangsung selama 2 siklus masing-masing siklus 2 pertemuan, variabel terikat dalam penelitian ini hasil belajar sedangkan variabel bebasnya penggunaan model pembelajaran Problem Solving dengan media UTA. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan dan keterampilan siswa meningkat menggunakan model pembelajaran problem solving dengan bantuan media UTA. Aktivitas belajar siswa menjadi lebih efektif sehingga mendapatkan hasil yang maksimal. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan oleh peneliti, maka dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III di SD 1 Tanjungrejo. Dengan adanya kolaborasi guru dan siswa dalam memanfaatkan gaya belajar dengan dukungan fasilitas dari sekolah untuk menunjang proses pembelajaran agar lebih optimal.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing I: Dr. Khamdun, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing II: Diana Ermawati, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Hasil Belajar, Problem Solving, Media Pembelajaran |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 19 Feb 2024 19:38 |
Last Modified: | 19 Feb 2024 19:38 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20297 |
Actions (login required)
View Item |