Pengembangan student worksheets berbasis sosio-scientific issues (ssi) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sdn 4 mayonglor

WIJAYANTI, ANGGUN RIZQI (2023) Pengembangan student worksheets berbasis sosio-scientific issues (ssi) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sdn 4 mayonglor. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Hal Judul.pdf - Published Version

Download (552kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (443kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan bahan ajar di kelas VI yang fungsinya sebagai alat bantu siswa dalam memahami materi yang dipelajarinya selain menggunakan buku paket yang diterima dari sekolah. Guru juga masih menggunakan bahan ajar kontekstual yang belum terintegrasi dengan isu-isu sosial sains di lingkungan sekitar sekolah. Permasalahan lainnya yaitu ditemukan bahwa 40% kemampuan berpikir kritis siswa rendah. Hal ini dibuktikan dari tes studi pendahuluan berdasarkan indikator berpikir kritis yang dilaksanakan pada bulan Juli 2023. Tujuan penelitian ini yaitu (1) menguji kevalidan bahan ajar student worksheets berbasis SSI dan (2) menganalisis respon siswa terhadap penggunaan bahan ajar student worksheets berbasis SSI. Student Worksheets merupakan bahan ajar yang disajikan dalam bentuk cetak yang berisi informasi, tugas dan penilaian, sehingga dapat membantu siswa dalam memahami materi. Sosio-Scientific Issues (SSI) dapat digunakan sebagai bahan ajar dengan mengombinasikan antara isu sosial sains dan materi pembelajaran, sehingga menumbuhkan pemikiran kritis siswa dan kepekaan akan keadaan lingkungan sekitarnya. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VI SDN 4 Mayonglor dengan jenis penelitian Research and Development (RnD) model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes, angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian membuktikan bahan ajar student worksheets berbasis SSI terbukti sangat valid dengan nilai akhir 90% oleh ahli materi dan 87,22% oleh ahli media. Penggunaan bahan ajar ini mendapatkan 87,22% dari respon guru dan 90,83% dari respon siswa. Hal ini menunjukkan bahwa respon tersebut termasuk dalam kategori “sangat baik”. Siswa mampu menyelesaikan rangkaian kegiatan seperti mengerjakan tugas, praktikum serta soal evaluasi. Fokus materi dalam student worksheets yaitu IPA dan Bahasa Indonesia di tema 1, subtema 1, dan pembelajaran 3. Pada setiap kegiatan sudah disesuaikan dengan indikator berpikir kritis, yang bertujuan untuk melatih dan mengembangkan kemampuan siswa dalam berpikir secara kritis. Penelitian ini hendaknya dapat diinovasikan menjadi berbasis digital sehingga minat siswa dalam belajar dapat berlangsung lebih optimal.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: Siti Masfuah, S. Pd. M.Pd., Dosen Pembimbing II: F. Shoufika Hilyana, S.Si., M.Pd.
Kata Kunci: Student Worksheets, Sosio-Scientific Issues (SSI), Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 19 Feb 2024 20:49
Last Modified: 19 Feb 2024 20:49
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20298

Actions (login required)

View Item View Item