Penerapan model numbered-heads together (nht) Berbantu media gambar berseri untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 2 selalu berhemat energi kelas iv sd 6 kandangmas dawe kudus

NISA, ANI KHOIRUN (2023) Penerapan model numbered-heads together (nht) Berbantu media gambar berseri untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 2 selalu berhemat energi kelas iv sd 6 kandangmas dawe kudus. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL_202133128.pdf - Published Version

Download (561kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (443kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (354kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan model pembelajaran Numbered Heads Thogether (NHT) berbantu media gambar berseri dan menemukan peningkatan hasil belajar siswa tema 2 Selalu Berhemat Energi kelas IV SD 6 Kandangmas. Numbered Heads Thogether (NHT) adalah suatu model pembelajaran secara berkelompok, yang memiliki enam langkah dalam pembelajarannya mulai dari membagi siswa dalam beberapa kelompok, pembagian nomor kepala, pemberian tugas, diskusi kelompok, tanya jawab dan penghargaan kelompok. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah model Numbered Heads Thogether (NHT) berbantu media gambar berseri dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SD 6 Kandangmas di dalam pembelajaran IPS dan IPA, serta model Numbered Heads Thogether (NHT) berbantu media gambar berseri dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengajar siswa kelas IV di SD 6 Kandangmas pada pembelajaran IPS dan IPA. Subjek penelitian ini adalah dua puluh lima siswa SD 6 Kandangmas. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Numbered Heads Thogether (NHT), sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar siswa. Instrumen penelitian ini adalah tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan dengan penerapan model Numbered Heads Thogether (NHT) berbantu media gambar berseri dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I ke siklus II dari persentase 78% menjadi 87,5%. Hasil belajar siswa ranah pengetahuan muatan IPS mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu dari persentase 80% menjadi 92%, sedangkan untuk muatan IPA dari persentase 76% menjadi 88%. Dapat disimpulkan bahwa penelitian tindakan kelas menggunakan model Numbered Heads Thogether (NHT) berbantu media gambar berseri dapat meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar siswa ini sudah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan sebesar 70%. Saran yang diberikan yaitu guru memberikan remidi yang belum tuntas dan siswa lebih banyak berlatih.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1 : Imaniar Purbasari, S.Pd, M.Pd, DOSEN PEMBIMBING 2 : Dr. Erik Aditya Ismaya, S.Pd., MA
Kata Kunci: Hasil belajar, Numbered Heads Thogether (NHT), Gambar berseri.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 19 Feb 2024 21:10
Last Modified: 19 Feb 2024 21:10
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20299

Actions (login required)

View Item View Item