Penerapan model pembelajaran tgt (teams games tournament) berbantuan media ftb (fun thinkers Book) dalam meningkatkan hasil belajar Siswa kelas iv sd muhammadiyah Birrul walidain

MARLITA, ICHDA NURUL (2023) Penerapan model pembelajaran tgt (teams games tournament) berbantuan media ftb (fun thinkers Book) dalam meningkatkan hasil belajar Siswa kelas iv sd muhammadiyah Birrul walidain. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (743kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (391kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (826kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstrak

mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapan model TGT (Teams Games Tournament) serta media FTB (Fun Thinkers Book). Penelitian ini memfokuskan pada muatan pembelajaran IPAS materi Kegiatan Ekonomi di Indonesia. Hasil belajar merupakan perubahan kemampuan dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik yang diperoleh siswa setelah melalui proses pembelajaran menuju kearah yang lebih baik. TGT (Teams Games Tournament) merupakan model pembelajaran kooperatif yang diterapkan dalam kegiatan pembelajaran dengan melibatkan games dan tournament didalamnya. FTB (Fun Thinkers Book) merupakan alat bantu visual yang dikemas menyerupai buku dan terdapat gambar atau pertanyaan terkait materi serta dilengkapi dengan adanya bingkai bersekat berisi balok angka juga warna. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini yaitu peningkatan keterampilan mengajar guru dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD Muhammadiyah Birrul Walidain dengan subjek penlitian 30 siswa dan guru kelas IV yang dilakukan melalui dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan selama dua pertemuan melalui empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas penelitian ini adalah model TGT (Teams Games Tournament) dan media FTB (Fun Thinkers Book). Sedangkan variabel terikat penelitian ini adalah hasil belajar siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan teknis tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan berupa analisis data kualitatif dan kuantitatif. Perolehan hasil pengamatan terhadap keterampilan mengajar guru pada penelitian ini siklus I memperoleh rata-rata sebesar 74,5% dan pada siklus II sebesar 87%. Hasil belajar siswa pada elemen pemahaman IPAS penelitian ini di siklus I muatan IPAS, siswa yang berhasil tuntas mencapai rata-rata 66,67% dengan kategori cukup. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan, siswa yang berhasil tuntas hingga mencapai 86,67%. Kemudian hasil belajar siswa pada elemen keterampilan proses di siklus I memperoleh 65,60% dan siklus II kembali mengalami peningkatan sebesar 76,66%. Berdasarkan hasil penelitian model pembelajar TGT (Teams games Tournament) memiliki kesesuaian dengan karakteristik siswa di sekolah tersebut. Selain itu, siswa juga lebih mudah memahami materi dengan adanya bantuan media FTB (Fun Thinkers Book). Dengan demikian dengan menerapkan model TGT (Teams Games Tournamen)t berbantuan media FTB (Fun Thinkers Book) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan keterampilan mengajar guru.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1: Siti Masfuah, S.Pd., M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2: Lovika Ardana Riswari, S.Pd.,M.Pd.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Teams Games Tournament, Fun Thinkers Book
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 19 Feb 2024 21:19
Last Modified: 19 Feb 2024 21:19
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20300

Actions (login required)

View Item View Item