SARI, YUNI KARTIKA (2023) Learning strategies for writing essay ( a case study at the sixth semester eed students of universitas muria kudus in academic year 2022-2023). Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (944kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (498kB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (943kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (654kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (648kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (622kB) | Request a copy |
|
Text (BAB VI)
BAB VI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (485kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (609kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Strategi pembelajaran dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Dengan adanya sebuah rancangan, proses pembelajaran akan terarah. Dalam menulis esai, peneliti menemukan pada observasi awal bahwa mahasiswa bahasa Inggris semester enam memiliki strategi dalam menulis esai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis strategi belajar yang digunakan mahasiswa dalam menulis esai. Selain itu, penelitian ini juga mencari tahu bagaimana mahasiswa menggunakan strategi belajar tersebut dalam menulis esai pada mahasiswa semester enam EED Universitas Muria Kudus tahun akademik 2022-2023. Desain penelitian ini menggunakan studi kasus kualitatif untuk menginterpretasikan data dalam penelitian ini. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester enam jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Muria Kudus pada tahun akademik 2022-2023. Terkait dengan instrumen penelitian, untuk mendapatkan hasil yang lebih mendalam peneliti menggunakan kuesioner terbuka untuk mengetahui jenis-jenis strategi belajar yang digunakan oleh mahasiswa dalam menulis esai. Peneliti juga menggunakan wawancara mendalam untuk mengetahui cara-cara yang digunakan mahasiswa dalam menggunakan strategi belajar untuk menulis esai. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa semua siswa menggunakan strategi belajar yang berbeda untuk menulis esai. Strategi tersebut adalah strategi memori, strategi kognitif, strategi kompensasi, strategi metakognitif, strategi afektif, dan strategi sosial. Mereka juga memiliki cara yang berbeda dalam menggunakan strategi belajar. Setiap siswa memiliki cara sendiri untuk tertarik dalam mengaplikasikan srategi pada pembelajaran. Kesimpulannya, semua mahasiswa menggunakan strategi belajar yang berbeda untuk menulis esai dan mereka juga memiliki cara yang berbeda dalam menggunakan strategi belajar pada mahasiswa semester enam EED Universitas Muria Kudus tahun akademik 2022-2023. Peneliti menyarankan agar mahasiswa dapat menerapkan strategi belajar untuk meningkatkan pembelajaran mereka. Menerapkan jenis-jenis strategi ini akan membuat mereka berhasil dalam belajar. Selain itu, mahasiswa dapat menerapkan strategi belajar dengan cara yang berbeda, yang diharapkan dapat meningkatkan pembelajaran bagi setiap mahasiswa.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING I: Dr. Ahdi Riyono, S.S., M.Hum. DOSEN PEMBIMBING II: Dr. Dra. Sri Surachmi W, M.Pd |
Kata Kunci: | Strategi Pembelajaran, penulisan Essay |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 19 Feb 2024 21:58 |
Last Modified: | 19 Feb 2024 21:58 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20304 |
Actions (login required)
View Item |