Pengaruh model pembelajaran conceptual understanding procedures (cups) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa smp ditinjau dari gender

RAHMAWATI, RITA AULIA (2023) Pengaruh model pembelajaran conceptual understanding procedures (cups) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa smp ditinjau dari gender. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Hal Judul.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (676kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (583kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (90kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Model pembelajaran yang monoton menjadi salah satu faktor rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Perbedaan gender juga merupakan faktor yang dapat memengaruhi pemahaman konsep matematis siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil tes pemahaman konsep matematis studi pendahuluan bahwa hampir seluruh siswa mendapat nilai yang rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk menganalisis perbedaan rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas eksperimen dan siswa kelas kontrol, 2) untuk menganalisis perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas eksperimen sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran CUPs, 3) untuk menganalisis perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas eksperimen ditinjau dari gender, 4) untuk menganalisis peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas eksperimen setelah menggunakan model pembelajaran CUPs. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII SMP N 2 Kudus dengan subjek penelitian 30 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas sampel. Rancangan penelitian ini menggunakan Randomized Static Group Comparison Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara dan tes. Analisis data awal menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji kesamaan rata-rata. Sedangkan, analisis data akhir menggunakan uji Two Sample T-test, uji Paired Sample T-test, uji Independet Sample T-test, dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat perbedaan rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas eksperimen dan siswa kelas kontrol, 2) terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas eksperimen sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran CUPs, 3) tidak terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas eksperimen ditinjau dari gender, 4) kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas eksperimen meningkat setelah menggunakan model pembelajaran CUPs. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CUPs mampu memberikan pengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa ditinjau dari gender.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: Savitri Wanabuliandari, M. Pd Dosen Pembimbing II: Henry Suryo Bintoro, M. Pd.
Kata Kunci: Conceptual Understanding Procedures, CUPs, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa, Gender
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 20 Feb 2024 22:55
Last Modified: 20 Feb 2024 22:55
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20308

Actions (login required)

View Item View Item