Pengaruh model problem-based learning berbantuan geogebra terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis dan self-concept siswa

ANDHINI, DERISA PUTRI (2023) Pengaruh model problem-based learning berbantuan geogebra terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis dan self-concept siswa. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of halaman judul]
Preview
Text (halaman judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of bab 1]
Preview
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (577kB) | Preview
[thumbnail of bab 2] Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (556kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (493kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (792kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (135kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] Text (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstrak

Proses pembelajaran dengan model pembelajaran langsung mengakibatkan rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis dan self-concept siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil tes studi pendahuluan pada kelas X E-2 dan X E-3 di SMA N 1 Gebog, yang memperoleh rata-rata sebesar 43,20 dengan nilai tertinggi 71 dan terendah 4. Tujuan dari penelitian ini yaitu, menganalisis rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan Geogebra lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran langsung, menganalisis perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan Geogebra dengan siswa yang belajar melalui model pembelajaran langsung, menganalisis peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sebelum dan sesudah diterapkan model Problem-Based Learning berbantuan Geogebra, menganalisis pengaruh self-concept terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model Problem-Based Learning berbantuan Geogebra. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi Experimental Design. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Penelitian ini akan dilaksanakan di kelas X E-2 dan X E-3 SMA N 1 Gebog dengan sampel 72 siswa dari jumlah populasi 432 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi tes, angket, dan dokumentasi. Analisis data awal yang digunakan meliputi uji normalitas, uji homogenitas, serta uji kesamaan rata-rata. Sedangkan analisis data akhir meliputi uji independent sampel t test, uji N-Gain dan uji regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan Geogebra lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran langsung, terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan Geogebra dengan siswa yang belajar melalui model pembelajaran langsung, terjadi peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sebelum dan sesudah diterapkan model Problem-Based Learning berbantuan Geogebra, self-concept berpengaruh positif sebesar 69,2% terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model Problem-Based Learning berbantuan Geogebra. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model Problem-Based Learning berbantuan Geogebra berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis dan self-concept siswa kelas X pada materi peluang.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1: Savitri Wanabuliandari, S.Pd., M.Pd Dosen Pembimbing 2: Jayanti Putri Purwaningrum, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Geogebra, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Model Problem-Based Learning, Self-Concept
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 21 Feb 2024 00:40
Last Modified: 21 Feb 2024 00:40
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20316

Actions (login required)

View Item View Item