campur kode dalam film love in game

ERMANU, ELANG CHANDRA (2023) campur kode dalam film love in game. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of halaman judul]
Preview
Text (halaman judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (351kB) | Preview
[thumbnail of bab 1]
Preview
Text (bab 1)
Bab I.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of bab 2] Text (bab 2)
Bab II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] Text (bab 4)
Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] Text (bab 5)
Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
Text (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] Text (lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan tentang bentuk campur kode pada film yaitu film Love In Game (2) faktor adanya campur kode dalam film. Penelitian ini termasuk dalam kajian sosiolinguistik yang memfokuskan pada penggunaan kedwibahasan di dalam film. Sumber data dari penelitian ini menggunakan dialog dari beberapa pemeran pada film Love In Game. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan menggunakan teknik simak bebas libas cakap (SBLC). Data dalam penelitian ini menggunakan transkrip dialog antar tokoh yang memiliki unsur campur kode yang akan dikelompokkan dengan bentuk sesuai dengan teori Seowito 1995 dan akan dikaitkan dengan faktor terjadinya campur kode dengan teori Suandi 2014. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan teori yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman (1984) yang memiliki beberapa tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penegasan kesimpulan atau vertifikasi. Dan penyajian data dalam penelitian ini menggunakan teknik informal. Hasil penelitian campur kode dalam film Love In Game terdapat beberapa bentuk yang meliputi kata, frasa, idom, pengulangan, dan klausa. Campur kode berbentuk kata terdapat dua bentuk yakni kata dasar dan baster. Penggunaan bahasa dalam penelitian ini terdapat bahasa Indonesia, Inggris, Jawa, dan Arab. Dan faktor yang mempengaruhi terjadinya campur kode meliputi: kepribadian penutur, keterbatasan kode, penggunaan istilah popular, mitra tutur, tempat dan waktu tindak tutur, topik tindak tutur, tujuan dan fungsi, pokok pembicaraan dan untung bergengsi.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1: Dr. Irfai Fathurohman, M. Pd. Dosen Pembimbing 2: Ristiyani, MPd.
Kata Kunci: Sosiolinguistik, Campur Kode, Film, Love In Game
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
Bahasa dan sastra > Sastra (Umum)
Bahasa dan sastra > Sastra (Umum) > Masyarakat, Komunitas
Program Studi: DDC > Pendidikan Bahasa & Sastra indonesia
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra indonesia
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 21 Feb 2024 01:02
Last Modified: 21 Feb 2024 01:02
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20320

Actions (login required)

View Item View Item