Pengembangan media pembelajaran flipbook berbasis qr-code pada tema 1 materi ciri-ciri makhluk hidup untuk meningkatkan hasil belajar bahasa indonesia peserta didik kelas iii sd

FATTALIYATI, SITI (2023) Pengembangan media pembelajaran flipbook berbasis qr-code pada tema 1 materi ciri-ciri makhluk hidup untuk meningkatkan hasil belajar bahasa indonesia peserta didik kelas iii sd. Master thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of halaman judul]
Preview
Text (halaman judul)
Hal Depan.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of bab 1]
Preview
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (740kB) | Preview
[thumbnail of bab 2] Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (975kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (609kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (729kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] Text (lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan analisis kebutuhan media pembelajaran menggunakan Flipbook berbasis QR-Code Kelas III SD. (2) Mengembangkan desain flipbook menggunakan Flipbuilder. (3) Menguji kelayakan flipbook berbasis QR-Code dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas III SD. (4) Menguji keefektifan flipbook menggunakan flipbook berbasis QR-Code untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD. Jenis penelitin ini menggunakan model penelitian pengembangan atau yang dikenal dengan istilah R&D (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan Sugiyono dengan langkah sebagai berikut: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian. Produk yang dihasilkan dari penelitian dan pengembangan ini berbentuk Flipbook berbasis QR-Code menggunakan Flipbuilder pada materi ciri-ciri makhluk hidup. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, kuesioner, dan tes. Teknik analisis data meliputi analisis produk, analisis data awal dan analisis data akhir dengan uji-t. Hasil penelitian diperoleh bahwa 1) Flipbook dibutuhkan pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SD, 2) menghasilkan produk flipbook berbasis QR-Code materi ciri-ciri makhluk hidup, 3) flipbook berbasis QR-Code pada pembelajaran bahasa Indonesia materi ciri-ciri makhluk hidup layak digunakan berdasarkan hasil ahli materi dan ahli media. Kelayakan ahli materi mendapat skor 86% dengan kriteria layak dan ahli media mendapat skor 87% dengan kriteria layak, 4) penggunaan flipbook berbasis QR-Code menggunakan flipbuilder cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas III SD, dengan nilai rata-rata N-gain score untuk kelas eksperimen adalah sebesar 71,46%.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1: Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd., Dosen Pembimbing 2: Dr. Fitri Budi Suryani, S.S., M.Pd.,
Kata Kunci: Pengembangan, Flipbook, QR-Code, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 21 Feb 2024 01:14
Last Modified: 21 Feb 2024 01:14
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20322

Actions (login required)

View Item View Item