WULANDARI, NOVITA (2023) Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas v pada materi kecepatan dan debit di sd 3 tenggeles. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (449kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (348kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (451kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (123kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (315kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (90kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (175kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SD 3 Tenggeles masih rendah. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil nilai ulangan harian siswa yaitu dari 17 siswa kelas V hanya 8 siswa yang mencapai KKM dengan persentase 47,05% sedangkan 9 siswa lainnya masih belum mencapai KKM dengan persentase 52,95%. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah kelas V SD 3 Tenggeles. Penelitian ini membahas tentang kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas V SD 3 Tenggeles. Kemampuan pemecahan masalah matematika yaitu kemampuan siswa dalam mengerjakan permasalahan matematika yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari dengan kemampuan yang dimiliki untuk memperoleh penyelesaian. Salah satu materi yang dapat mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa adalah materi Kecepatan dan Debit. Kecepatan adalah perbandingan antara jarak dengan waktu, sedangkan Debit adalah perbandingan antara volume dan waktu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan naratif. Tempat penelitian ini dilaksanakan di SD 3 Tenggeles, Desa Tenggeles, Mejobo, Kudus. Subjek pada penelitian ini adalah 6 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi, dan wawancara. Keabsahan data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu subjek dengan kategori tinggi (T) mampu memenuhi keempat indikator kemampuan pemecahan masalah berdasarkan tahapan Polya. Subjek kategori T mampu mengerjakan penyelesaian soal dengan teliti dan sistematis, tanpa adanya kesulitan. Subjek kategori sedang (S) mampu memenuhi 3 indikator kemampuan pemecahan masalah berdasarkan tahapan Polya. Subjek kategori Rendah (R) tidak mampu memenuhi semua indikator kemampuan pemecahan masalah berdasarkan tahapan Polya. Kemampuan pemecahan masalah matematis pada 6 subjek siswa kelas V ini memiliki tingkat pencapaian yang berbeda-beda. Guru harus lebih banyak memberikan soal pemecahan yang dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari agar siswa lebih terbiasa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing I: Lovika Ardana Riswari, S.Pd, M.Pd, Dosen Pembimbing II: Diana Ermawati, S.Pd, M.Pd, |
Kata Kunci: | Kemampuan Pemecahan Masalah, Matematis, Kecepatan dan Debit |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 21 Feb 2024 19:07 |
Last Modified: | 21 Feb 2024 19:07 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20329 |
Actions (login required)
View Item |