The students’ attitude towards learning english: a comparative study of students majoring accounting and marketing at smkn 1 kudus

OKTAVIANTI, AULIA KHUSNA (2023) The students’ attitude towards learning english: a comparative study of students majoring accounting and marketing at smkn 1 kudus. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of halaman judul]
Preview
Text (halaman judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (679kB) | Preview
[thumbnail of bab 1]
Preview
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of bab 2] Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (116kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] Text (bab 6)
BAB VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] Text (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (888kB) | Request a copy

Abstrak

Dalam lanskap bisnis global, kemahiran berbahasa Inggris sangat penting bagi mahasiswa jurusan akuntansi dan pemasaran. Bahasa ini memungkinkan komunikasi yang efektif, memperkuat hubungan yang kuat, dan meningkatkan pemahaman informasi. Penguasaan bahasa Inggris memberdayakan mahasiswa untuk berhasil dalam karier mereka, menjembatani kesenjangan budaya, dan beradaptasi dengan tuntutan dunia yang saling terhubung. Penelitian ini bertujuan untuk menilai dan membandingkan sikap mahasiswa pemasaran dan akuntansi terhadap pembelajaran bahasa Inggris di SMK Negeri 1 Kudus. Desain penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Peserta penelitian ini adalah 72 mahasiswa, terdiri dari 36 mahasiswa jurusan Akuntansi dan 36 mahasiswa jurusan Pemasaran. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan wawancara semi- terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik mahasiswa jurusan Pemasaran maupun Akuntansi menunjukkan sikap positif terhadap pembelajaran bahasa Inggris, mengakui pentingnya bagi prospek masa depan mereka. Mereka juga menunjukkan peningkatan motivasi dibandingkan dengan masa lalu. Meskipun tidak ditemukan perbedaan signifikan antara sikap kedua kelompok, mahasiswa jurusan Pemasaran mendapatkan skor sedikit lebih tinggi dalam sikap positif. Penelitian ini menyarankan agar para pengajar terus mempromosikan pentingnya bahasa Inggris untuk karier masa depan dan menekankan penerapannya secara praktis. Selain itu, menciptakan lebih banyak kesempatan untuk berlatih bahasa dan berkomunikasi dalam konteks dunia nyata dapat meningkatkan motivasi dan kemahiran berbahasa mahasiswa. Terakhir, melakukan penelitian serupa di lingkungan pendidikan yang berbeda dan mengeksplorasi efek dari intervensi sikap dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang dinamika pembelajaran bahasa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1: Dr. Fitri Budi Suryani, S.Pd., M.Pd Dosen Pembimbing 2: Mutohhar, S.P.d., M.Pd.
Kata Kunci: Sikap Siswa, Pembelajaran Bahasa Inggris, Persamaan, Perbedaan.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 21 Feb 2024 22:42
Last Modified: 21 Feb 2024 22:42
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20336

Actions (login required)

View Item View Item