Pengaruh kemampuan literasi digital dan budaya sekolah terhadap kinerja guru di smp negeri se-kecamatan jekulo kabupaten kudus

SETYORINI, IN (2023) Pengaruh kemampuan literasi digital dan budaya sekolah terhadap kinerja guru di smp negeri se-kecamatan jekulo kabupaten kudus. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of halaman judul]
Preview
Text (halaman judul)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version

Download (277kB) | Preview
[thumbnail of bab 1]
Preview
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[thumbnail of bab 2] Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (364kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (379kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] Text (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (814kB) | Request a copy

Abstrak

Di dunia pendidikan pada jaman serba digital guru dituntut memiliki kemampuan literasi digital yang memadai untuk memberikan layanan maksimal pada para siswa. Kecakapan literasi digital yang rendah akan berdampak terhadap menurunnya kinerja guru. Budaya sekolah menjadi hal yang penting untuk menumbuhkan kebiasaan baik terhadap warga sekolah, termasuk kebiasaan dalam berliterasi digital. Budaya sekolah terbentuk dari pembiasaan – pembiasaan di sekolah, terkait dengan norma, moral, etika dan perilaku dalam kegiatan belajar mengajar. Dengan budaya sekolah yang baik akan menjadikan iklim kegiatan belajar yang baik yang pada akhirnya kinerja guru juga akan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Untuk menganalisis pengaruh kemampuan literasi digital terhadap kinerja guru; (2) Untuk menganalisis pengaruh budaya sekolah terhadap kinerja guru; (3) Untuk menganalisis kemampuan literasi digital dan budaya sekolah secara bersama-sama terhadap kinerja guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan jenis ex-post facto. Adapun sampel penelitian adalah guru SMP Negeri di Kecamatan Jekulo Kudus berjumlah 90 guru. Angket digunakan dalam teknik pengumpulan data. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas. Adapun uji hipotesis menggunakan uji regresi ganda, uji-t, uji-F, perhitungan koefisisen determinan (R2) Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi digital berpengaruh positif pada kinerja guru dari uji-t diperoleh t hitung (2,281) > t tabel (1,991). Budaya sekolah berpengaruh positif terhadap kinerja guru dari uji-t diperoleh t hitung (14,400) > t tabel (1,991). Kemampuan literasi digital dan budaya sekolah secara simultan (bersama-sama) berpengaruh positif terhadap kinerja guru dari uji-F menunjukan angka signifikansi sebesar 0,000 < probabilitas 0,05, nilai F hitung (137,578) > F tabel (3,10). Kemampuan literasi digital dan budaya sekolah secara simultan (bersama-sama) berpengaruh positif terhadap kinerja guru sebesar 0,760% (R2). Artinya kemampuan literasi digital, dan budaya sekolah secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap kinerja guru sebesar 76,0% dan 24,0% dipengaruhi oleh faktor lainnya. Hasil analisis regresi ganda, menunjukkan persamaan regresi Ŷ = 56,721 + 0,048 X1 + 0,300 X2. Berdasarkan hasil dari penelitian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan literasi digital dan budaya sekolah berpengaruh terhadap kinerja guru di SMP Negeri se-Kecamana Jekulo. Peneliti berharap dari hasil penelitian ini bisa dikembangkan lagi dipenelitian berikutnya dengan populasi yang lebih luas dan analisa yang lebih mendalam.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1: Dr. Su’ad, M.Pd. Dosen Pembimbing 2: Dr. Gunawan Setiadi, M.Pd.
Kata Kunci: kemampuan literasi digital, budaya sekolah, kinerja guru
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 22 Feb 2024 17:58
Last Modified: 22 Feb 2024 17:58
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20344

Actions (login required)

View Item View Item