Pengembangan buku petunjuk supervisi akademik dengan tahap pekarti (pengamatan, eksplorasi, kerjasama, aksi nyata, refleksi, tindak lanjut) Bagi guru madrasah ibtidaiyah kecamatan jati

MU’ASAROH, MU’ASAROH (2023) Pengembangan buku petunjuk supervisi akademik dengan tahap pekarti (pengamatan, eksplorasi, kerjasama, aksi nyata, refleksi, tindak lanjut) Bagi guru madrasah ibtidaiyah kecamatan jati. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of halaman judul]
Preview
Text (halaman judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (923kB) | Preview
[thumbnail of bab 1]
Preview
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (640kB) | Preview
[thumbnail of bab 2] Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (446kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (391kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (480kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (407kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] Text (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (845kB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah (1) menganalisis kebutuhan buku petunjuk supervisi akademik dengan tahap PEKARTI, (2) mendeskripsikan bentuk pengembangan buku petunjuk supervisi akademik dengan tahap PEKARTI , (3) menganalisis kelayakan hasil pengembangan buku petunjuk supervisi akademi dengan tahap PEKARTI , dan 4) menganalisis efektivitas buku petunjuk supervisi akademik dengan tahap PEKARTI terhadap keterampilan mengajar guru Supervisi akademik merupakan kegiatan pemberian bantuan kepada guru pada proses pembelajaran yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Supervisi akademik yang dilaksanakan secara kontinyu dapat membantu guru dalam menyelesaikan permasalahan pembelajaran. Keterampilan mengajar guru merupakan keterampilan guru untuk mengelola kelas dan melaksanakan pembelajaran. Keterampilan mengajar guru menjadi hal yang sangat penting bagi guru guna memberikan pembelajaran yang relevan dengan perkembangan siswa. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Researc and Development, dengan desain the nonequivalent pretest-posttest control group design. Sumber data dalam penelitian ini guru dan kepala sekolah. Teknik prngumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data meliputi uji validasi ahli dan analisis data awal. Adapun analisis efektivitas meliputi analisis peningkata keterampilan mengajar guru dan analisi uji t sampel independent. Hasil penelitian ini meliputi kebutuhan guru terhadap buku petunjuk. Kebutuhan guru terkait kegiatan pembimbingan yang mampu mengembangkan keterampilan mengajar guru. Desain buku petunjuk supervisi akademik dengan tahap PEKARTI meliputi perencanaan, proses, dan evaluasi. Hasil validasi ahli bahasa mencapai 86% dengan kategori sangat valid. Selanjutnya, ahli praktisi mencapai 90% artinya sangat valid. Efektivitas penggunaan buku petunjuk supervisi akademik dengan tahap PEKARTI berdasakan hasil uji t dapat diketahui bahwa nilai sig setelah dilaksanakan supervisi akademik sebesar 0,00 berarti kurang dari 0,05. Sehingga dapat diketahui bahwa buku petunjuk supervisi akademik dengan tahap PEKARTI efektif untuk peningkatan keterampilan mengajar guru. Buku petunjuk supervise akademik tahap PEKARTI dibutuhkan guru serta layak digunakan dalam kegiatan supervisi. Selain itu efektif untuk meningkatkan kompetensi guru. Serta hasil n-gain menunjukkan bahwa kelompok eksperimen memperoleh peningkatan tinggi.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1: Dr.Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd. Dosen Pembimbing 2: Dr. Erik Aditya Ismaya, M.A.
Kata Kunci: Supervisi Akademik, PEKARTI, Guru
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 22 Feb 2024 18:05
Last Modified: 22 Feb 2024 18:05
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20346

Actions (login required)

View Item View Item