Analisis upaya guru dalam menumbuhkan motivasi belajar peserta didik kelas iv di sd negeri kedungwinong 01

JANNAH, NILA ROIKHATUL (2023) Analisis upaya guru dalam menumbuhkan motivasi belajar peserta didik kelas iv di sd negeri kedungwinong 01. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Sampul_Nila Roikhatul J_201833124.pdf - Published Version

Download (716kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I_Nila Roikhatul J_201833124.pdf - Published Version

Download (290kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II_Nila Roikhatul J_201833124.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III_Nila Roikhatul J_201833124.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (318kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV_Nila Roikhatul J_201833124.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (652kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V_Nila Roikhatul J_201833124.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (153kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka_Nila Roikhatul J_201833124.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran_Nila Roikhatul J_201833124.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan motivasi belajar peserta didik dalam proses pembelajaran kelas IV di SD Negeri Kedungwinong 01 dan mendiskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar peserta didik kelas IV di SD Negeri Kedungwinong 01. Peran guru merupakan seluruh tingkah laku atau tindakan seorang guru yang dilakukan untuk menyampikan ilmu pengetahuan dan wawasannya kepada peserta didik. Motivasi belajar merupakan faktor psikis yang bersifat non- intelektual dalam hal menumbuhkan rasa senang dan semangat untuk belajar. Penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Informan dalam penelitian ini dilakukan pada 4 peserta didik dari jumlah 21 peserta didik kelas IV di SD Negeri Kedungwinong 01. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan kreadibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Analisis data yang digunakan adalah analisis Miles dan Huberman yaitu mereduksi data, setelah itu menyajikan data, menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar peserta didik kelas IV yang mendapatkan nilai ulangan tinggi, sedang dan rendah memiliki kriteria berbeda-beda. Peserta didik yang dapat nilai hasil belajar yang tinggi memenuhi semua indikator motivasi belajar, peserta didik yang nilai hasil belajarnya sedang memenuhi lima dari delapan indikator motivasi belajar dan peserta didik yang nilai hasil belajarnya rendah hanya memenuhi tiga dari delapan indikator motivasi belajar. Faktor pendukung yang mempengaruhi motivasi belajar peserta didik kelas IV SD Negeri Kedungwinong 01 yaitu hasrat dan kenginan berhasil, dorongan kebutuhan belajar, minat terhadap pembelajaran, lingkungan kondusif, kegiatan belajar yang menarik, adanya penghargaan, kondisi fungsi tubuh. Faktor penghambat dalam menumbuhkan motivasi belajar peserta didik kelas IV yaitu kurangnya harapan akan cita-cita, lemahnya kemampuan mengingat peserta didik dan kurangnya kemampuan membaca. Penelitian ini tentang upaya guru dalam menumbuhkan motivasi belajar peserta didik sudah cukup baik. Tetapi hendaknya guru dalam menggunakan metode dan media pembelajaran yang bervariasi, agar peserta didik lebih semangat dan aktif dalam mengikuti proses pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: F. Shufika Hilyana, S.Si., M.Pd., Dosen Pembimbing II: Dr. Wawan Shokib Rondli, S.Pd., M.Pd.,
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Peran Guru
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 22 Feb 2024 18:08
Last Modified: 22 Feb 2024 18:08
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20347

Actions (login required)

View Item View Item