Pengembangan e-modul relasi dan fungsi untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa

Armnima, Rizky (2023) Pengembangan e-modul relasi dan fungsi untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of halaman judul]
Preview
Text (halaman judul)
Hal Judul-Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (793kB) | Preview
[thumbnail of bab 1]
Preview
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (357kB) | Preview
[thumbnail of bab 2] Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (682kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (736kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (344kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
Text (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (369kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] Text (lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstrak

Permasalahan utama yang terjadi di salah satu SMP di Kabupaten Kudus pada penelitian ini adalah rendahnya kemampuan pemecahan masalah yang dikarenakan kurangnya bahan ajar untuk mendukung pembelajaran. Berdasarkan angket hasil studi pendahuluan yang telah diisi siswa, 49% siswa tertarik belajar matematika, 51% siswa aktif dalam pembelajaran matematika. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mendiskripsikan proses pengembangan media pembelajaran e-modul relasi dan fuungsi untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa; (2) menguji validitas e-modul relasi dan fungsi untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa; (3) menguji kepraktisan penerapan e-modul relasi dan fungsi untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa; (4) menguji keefektifan e-modul relasi dan fungsi untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian Research and Development (R&D) ini dilaksanakan di kelas VIII di MTs. NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus pada semester gasal. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah ADDIE yang meliputi langkah-langkah: (1) analysis; (2) design; (3) development; (4) implementation; (5) evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi angket dan wawancara. Instrumen penelitian meliputi lembar wawancara (studi pendahuluan, analisis kebutuhan, uji skala luas, kepraktisan, dan keefektifan), lembar angket (studi pendahuluan, validasi ahli materi, validasi ahli media, kepraktisan, dan keefektifan). Analisis data yang digunakan meluputi analisis proses pengembangan media, analisis validasi media, analisis kepraktisan media, dan analisis keefektifitas media. E-Modul Relasi dan Fungsi berisi tentang materi relasi dan fungsi yang dikaitkan dengan kemampuan pemecahan masalah matematis, kegiatan inti pada E-Modul Relasi dan Fungsi diantaranya prasyarat, materi, latihan soal, dan evaluasi siswa. Hasil penilaian vaiditas ahli media dan ahli materi menunjukkan bahwa E-Modul Relasi dan Fungi termasuk dalam kategori praktis dengan skor rata-rata 3,39. Hasil penilaian respon kepraktisan guru memperoleh skor rata-rata 3,40 dan dikategorikan praktis dan hasil respom kepraktisan siswa mendapat skor rata-rata 3,39. Hasil keefektifitas media pembelajaran e-modul menunjukkan adanya perbedaan rata-rata, ketuntasan KKM, dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dalam penggunaan E-Modul Relasi dan Fungsi. Dari hal tersebut menunjukkan bahwa E-Modul Relasi dan Fungsi valid, praktis, dan efektif sehingga layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1: Dr. Henry Suryo Bintoro, S.Pd., M.Pd, Dosen Pembimbing 2: Jayanti Putri Purwaningrum, S.Pd., M.Pd,
Kata Kunci: E-Modul, Kemampuan Pemecahan Masalah, Relasi dan Fungsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 22 Feb 2024 18:21
Last Modified: 22 Feb 2024 18:21
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20350

Actions (login required)

View Item View Item