Analisis kesulitan membaca permulaan studi kasus pada siswa kelas ii sdn pati kidul 01

BAROROH, UMI NARESWARI (2023) Analisis kesulitan membaca permulaan studi kasus pada siswa kelas ii sdn pati kidul 01. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (415kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (496kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (505kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (409kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya permasalahan yang menyebabkan penurunan kelancaran membaca permulaan siswa di kelas II. Permasalahan yang ditemukan oleh peneliti yaitu kurangnya kegiatan belajar di rumah yang kurang efisien pada siswa sehingga masih lamban dalam belajar membaca permulaan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis bentuk kesulitan membaca permulaan, upaya guru dalam mengatasi proses pembelajaran membaca permulaan, dan mengetahui faktor kesulitan apa saja yang dialami siswa dalam kesulitan membaca permulaan di kelas II SDN Pati Kidul 01. Membaca adalah keterampilan bahasa yang sangat kompleks, dalam membaca membutuhkan kemampuan visual yang berpusat pada kemampuan mata dan teks, untuk mencari informasi. Membaca permulaan merupakan kegiatan seorang anak dalam memula aktivitas kegiatan dengan pengenalan huruf melalui simbol, dalam hal proses kognitif, membaca permulaan ini di lakukan menggunakan lambang dan bunyi dalam kalimat secara sederhana. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini di laksanakan di kelas II SDN Pati Kidul 01. Subjek dalam penelitian ini adalah 4 peserta didik kelas II dan guru kelas II. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verivikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa bentuk kesulitan membaca permulaan yanng dialami siswa kelas II SDN Pati Kidul 01, Bentuk kesulitan tersebut diantaranya yaitu, kesulitan mengeja, kesulitan membedakan huruf yang bentuknya hampir sama, kesulitan mengidentifikasikan huruf, kesulitan tanda baca dalam sebuah bacaan, kesulitan mengidentifikasikan kalimat yang terdapat gabungan huruf konsonan, huruf diftong, kesulitan memahami isi cerita. Faktor yang memperngaruhi diantaranya adalah faktor psikologis, lingkungan sekolah dan rumah, faktor sosial ekonomi. Upaya guru dalam mengatasinya adalah menggunakan media dan metode yang menarik, memberikan motivasi kepada siswa, memberikan jam tambahan (Les), menggunakan fasilitas sekolah untuk menumbuhkan minat baca siswa. Peran guru memiliki keterhubungan satu sama lain dalam mengoptimalkan pembelajaran siswa dalam membaca permulaan. Oleh karena itu, guru harus bisa menlakukannya dengan baik untuk menciptakan pembelajaran yang berkesan dan bermakna bagi siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: M.uch. Arsyad Fardani S.Pd., M.Pd Dosen Pembimbing II: Lintang Kironoratri S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: Kesulitan, Membaca permulaan, Peserta Didik.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 22 Feb 2024 18:19
Last Modified: 22 Feb 2024 18:19
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20351

Actions (login required)

View Item View Item