ZANNAH, SITI MISTAQUL (2023) Pendekatan konseling rational emotive behavior therapy untuk mengatasi motivasi belajar yang rendah pada peserta didik sma negeri 1 nalumsari. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version Download (761kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (320kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (408kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (642kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (337kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (194kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 6)
BAB VI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (170kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (169kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Peserta didik yang memiliki motivasi belajar yang rendah dapat memberikan pengaruh buruk pada pembelajaranya. Hal ini dapt dibuktikan pad SMA Negeri 1 Nalumsari. Tujuan penelitian ini untuk mengatasi motivais belajar yang rendah menggunakan pendekatan rational emotive behavior therapy. Motivasi belajar merupakan keadaan yang adanya dorongan untuk seseorang untuk melakukan suatu hal untuk mencapai tujuan yaitu dalam pembelajaran oleh peserta didik yang menempuh suatu pembelajaran untuk menambah wawasan dalam belajar. Konseling Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) konseling ini menekankan pemikiran yang rasional pada tingkah laku peserta didik. Dalam penelitian ini teknik pemberian bantuan konseling Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) yakni teknik reinforcement. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang dirancang mengunakan quasi experiment. Peneliti menggunakan pretest and posttest design yang dilaksanakan di SMA Negeri 1Nalumsari. Dimana ada 2 kali pengukuran yaitu pretest sebelum diberikan treatment, lalu pemberian treatment, dan posttest setelah di berikan treatment. Hasil perhitungan pengujian diperoleh nilai Asymp.Sig (2-tailed) sebesar 0,020 < 0,05, Maka dapat disimpulkan bahwa Hipotesis diterima. Dengan demikian berarti perbedaan pada nilai pretest dan posttest adalah signifikan, artinya adanya perbedaan yang signifikan antara skor motivasi belajar sebelum dan sesudah diberikan treatment dengan kata lain Ha diterima yang artinya reinforcement positive dapat digunakan untuk mengatasi motivasi belajar yang rendah pada peserta didik SMA Negeri 1Nalumsari kelas XI IPS 2. Penelitian ini hendaknya guru dapat menerapkan pendektan konseling rational emotive behavior therapy untuk mengatasi motivasi belajar yang rendah.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing I: Dr. Agung Slamet Kusmanto, S.Pd, M.Pd, Kons Dosen Pembimbing II: Drs. Sucipto, M.Pd, Kons |
Kata Kunci: | Motivasi Belajar yang Rendah, Konseling Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 22 Feb 2024 18:25 |
Last Modified: | 22 Feb 2024 18:25 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20352 |
Actions (login required)
View Item |