Penerapan konseling behavioristik teknik self management dalam mengatasi malas belajar siswa sma n i mejobo kudus

LESTARI, TIA (2023) Penerapan konseling behavioristik teknik self management dalam mengatasi malas belajar siswa sma n i mejobo kudus. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Hal Judul.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab I.pdf - Published Version

Download (748kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (348kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (401kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini yaitu : 1. Untuk mengetahui faktor penyebab siswa malas belajar di SMA N 1 Mejobo Kudus, 2. Untuk mengetahui sejauh mana pendekatan konseling behavioristik dengan teknik self management yang mampu mengatasi siswa malas belajar di SMA N 1 Mejobo Kudus. Malas belajar merupakan keengganan atau ketidaksukaan seseorang atau siswa terhadap belajar. Jadi lebih tepatnya minat belajarnya rendah.untuk itu sebagai guru dan orang tua harus dapat menumbuhkan minat dan meningkatkan motivasi belajar siswa agar diperoleh hasil belajar yang optimal. Konseling behavioristik merupakan suatu pendekatan yang dapat konselor lakukan untuk mengubah perilaku malas belajar siswa yang kurang baik menjadi perilaku yang lebih baik lagi. Teknik self management merupakan suatu teknik yang diberikan kepada konseli untuk mengontrol, mengendalikan serta mengubah perilaku untuk menentukan tujuan yang ingin dicapai oleh konseli dalam proses konseling. Dalam kaitannya dengan penelitian di SMA N 1 Mejobo Kudus menggunakan teknik self management dalam mengatasi malas belajar dengan konseling behavioristik diharapkan pesesrta didik mampu merubah atau mengurangi Malas Belajar agar dapat mengubah peserta didik menjadi lebih rajin belajar dan semangat belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Studi Kasus. Subjek yang diteliti adalah peserta didik SMA N 1 Mejobo Kudus, ada 2 siswa yang mempunyai permasalahan dalam mengatasi malas belajar. Selanjutnya metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif deskriptif. Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan konseling behavioristik teknik self management dalam mengatasi malas belajar siswa kelas X-2 di SMA N 1 Mejobo Kudus dapat mengubah perilaku maladaptif menjadi adaptif. Sebelum dilakukan konseling siswa mengalami malas belajar yaitu tidak mengumpulkan tugas tepat waktu, mengantuk didalam kelas, tidak pernah mengerjakan tugas/PR ketika di rumah, nongkrong sampai larut malam, selain itu juga siswa terlalu banyak main handphone (game online) sehingga membuat siswa malas belajar. Adapun faktor eksternal karena kurangnya perhatian dari orangtua terlebih orangtuanya sibuk bekerja. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, peneliti memberikan saran kepada beberapa pihak pada SMA N 1 Mejobo Kudus : 1) Bagi siswa dengan adanya penelitian ini diharapkan kepada siswa AP dan BA agar mampu menyadari pentignya belajar dengan adanya minat belajar dalam diri siswa. Ketidak adanya kesulitan diakibatkan siswa rajin dalam belajar, dan mampu menyadari kewajibannya sebagai pelajar seperti selalu mengikuti tata tertib dan fokus dengan materi yang dijelaskan pada guru. 2) Pihak sekolah dengan adanya penelitian ini diharapkan pada pihak sekolah untuk memperhatilkan perkembangan perilaku siswa dan mengakkan kedisiplinan bagi siswa yang malas belajar. Menggunakan penelitian ini sebagai bahan pertimbangan dalam membuat kebijakan dalam meningkatkan mutu pendidikan dan pelaksanaan program bimbingan dan konseling di sekolah khususnya pada kasus malas belajar, 3) Bagi peneliti dengan adanya penelitian ini maka peneliti memperoleh pengalaman dan pengetahuan bahwa teknik Self Management dalam layanan Behavioristik adalah teknik yang tepat digunakan untuk mengatasi permasalahan malas belajar yang dialami siswa.4) Orangtua dengan adanya penelitian ini orangtua siswa diharapkan untuk dapat melakukan kerjasama dan memberikan pengawasan kepada anak ketika di rumah agar anak tidak sesuka hatinya nongkrong sampai larut malam dan mempunyai waktu untuk belajar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: Dr. Santoso, M.Pd Dosen Pembimbing II: Dr. Agung Slamet Kusmanto, M.Pd, Kons.
Kata Kunci: Malas Belajar, Konseling Behavioristik, Teknik Self Management.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 22 Feb 2024 18:31
Last Modified: 22 Feb 2024 18:31
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20354

Actions (login required)

View Item View Item