Error analysis of using simple past tense in students’ recount text in the eleventh grade of sma n 1 mayong in the academic year 2022/2023

AMALIA, RIZKI MAULIDA (2023) Error analysis of using simple past tense in students’ recount text in the eleventh grade of sma n 1 mayong in the academic year 2022/2023. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (539kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (663kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (413kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (560kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (526kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (508kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Bahasa inggris digunakan dalam pertemuan-pertemuan besar di dunia, hal ini menyebabkan bahasa inggris menjadi salah satu pelajaran di sekolah. Namun masih banyak siswa yang melakukan kesalahan dalam menggunakan tenses ketika mereka membuat sebuah kalimat ataupun sebuah teks. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan dan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kesalahan dalam penggunaan simple past tense pada recount text siswa-siswa kelas sebelas dari SMA N 1 Mayong tahun ajaran 2022/2023. Peneliti menggunakan teori dari Dulay dan Krashen untuk mencari jenis kasalahan penggunaan simple past tense pada penulisan teks recount siswa. Untuk menemukan faktor penyebab dari kesalahan dalam penggunaan simple past tense pada penulisan recount text peneliti menggunakan teori dari Norrish. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Datanya berasal dari kesalahan yang terdapat pada penulisan recount text yang dibuat oleh siswa kelas XI MIPA 2 SMA N 1 Mayong Jepara tahun pelajaran 2022/2023. Sumber data berasal dari 23 teks recount siswa dari XI MIPA 2 SMA N 1 Mayong. Peneliti menggunakan dokumentasi dan wawancara sebagai instrumen dari penelitian ini. Hasil penelitian ini adalah siswa melakukan 3 dari 4 jenis kesalahan berdasarkan teory Dulay dan Krashen, yang terdiri dari omission sebanyak 6 kesalahan dengan persentase sebanyak 3.8% , misordering sebanyak 5 kesalahan dengan persentase sebanayak 3.2% dan misformation sebanyak 151 kesalahan dengan persentase sebanyak 93%. Penelitian ini juga menemukan 3 faktor penyebab kesalahan dalam penggunaan simple past tense berdasarkan teori Norrish yang terdiri dari carelessness, first language interference dan translation. Penelitian ini diharapkan dapat digunakan oleh guru bahasa inggris sebagai referensi agar mereka dapat mengatasi penyebab kesalahan dalam penggunaan simple past tense. Penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan solusi agar para siswa dapat mengatasi kesalahan dalam penggunaan simple past tense. Peneliti lain juga dapat menggunakan penelitian ini sebagai referensi mereka.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: Dr. Diah Kurniati, S.Pd, M.Pd Dosen Pembimbing II: Dr. Rismiyanto, S.S., M.Pd
Kata Kunci: Analisis kesalahan, simple past tense, teks recount.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 22 Feb 2024 18:55
Last Modified: 22 Feb 2024 18:55
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20362

Actions (login required)

View Item View Item