HAIRUN, RAHMA AULINA FLABELLIFERA (2023) Pengaruh model realistic mathematic education menggunakan permainan dakon terhadap pemahaman konsep matematis Siswa kelas iii sdn 2 ngabul. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (511kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (185kB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II ..pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (232kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (303kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (247kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (173kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (239kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan seberapa efektif model pembelajaran Realistic Mathematic Education berbantuan dakon terhadap hasil pemahaman konsep matematis pada materi menentukan nilai tempat bilangan kelas III SDN 2 Ngabul. Permasalahan yang ditemukan yaitu siswa belum bisa memahami konsep matematis yang telah dipelajari, seperti tidak bisa menentukan nilai tempat bilangan pada sebuah bilangan puluhan, ratusan, dan ribuan. Model Realistic Mathematic Education merupakan model pembelajaran yang menuntut siswa untuk mengkontruksi pengetahuan dengan kemampuannya sendiri melalui aktivitas-aktivitas yang dilakukannya dalam kegiatan pembelajaran. Dakon merupakan permainan dua dimensi yang saat ini kerap ditemukan terbuat dari bahan plastik yang biasa disebut dengan permainan dakon, permainan ini dapat mengasah daya nalar siswa karena permainan ini menggunakan sistem matematika yang dapat mengalahkan lawan degan cara mengambil keuntungan dari tabungan yang dimiliki. Penelitian ini menggunakan kuantitatif Pre-Experimental Design dengan one group pretest-posttest. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 2 Ngabul dengan populasi 27 siswa kelas III SDN2 Ngabul. Penelitian ini dilakukan menggunakan pengambilan teknik sampel jenuh dan teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan wawancara. Analisis data penelitian menggunakan uji normalitas data, dan uji paired sample t test untuk uji hipotesis penelitian. Hasil penelitian mennunjukkan analisis uji N-Gain dan uji paired sample t-test, hasil perhitungan menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Nilai t hitung 23,087 > t tabel 2,056, dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat ditafsirkan bahwa terdapat peningkatan rata-rata nilai, yang artinya ada pengaruh penggunaan mode Realistic Mathematic Education menggunakan permainan Dakon terhadap pemahaman konsep matematika kelas III SD. Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Realistic Mathematic Education menggunakan permainan Dakon terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dalam menentukan nilai temapt bilangan, dan terdapat peningkatan skor rata-rata pretest dan posttest melalui pengaruh model Realistic Mathematic Education menggunakan permainan Dakon terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas III SDN 2 Ngabul
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1 : Lovika Ardana Riswari, M.Pd., Dosen Pembimbing 2 : Diana Ermawati, M.Pd., |
Kata Kunci: | Pengaruh, Realistic Mathematic Education, Pemahaman Konsep Matematis |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 23 Feb 2024 00:30 |
Last Modified: | 23 Feb 2024 00:30 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20369 |
Actions (login required)
View Item |