Noviani, Endah Tri (2023) Pengembangan modul pembelajaran ipas Berbasis problem based learning materi ekosistem Siswa kelas 5 sd di kecamatan sale kabupaten rembang. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HAL JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (5MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (448kB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (534kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (716kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (371kB) |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (421kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kebutuhan modul pembelajaran IPAS Kurikulum Merdeka di Kecamatan Sale Kabupaten Rembang; (2) menentukan desain pengembangan modul pembelajaran IPAS berbasis Problem Based Learning Materi Ekosistem siswa Kelas 5 di Kecamatan Sale Kabupaten Rembang; (3) menentukan kelayakan modul pembelajaran IPAS berbasis Problem Based Learning Materi Ekosistem siswa Kelas 5 di Kecamatan Sale Kabupaten Rembang ; (4) Menentukan keefektifan modul pembelajaran IPAS berbasis Problem Based Learning Materi Ekosistem untuk pembelajaran siswa Kelas 5 di Kecamatan Sale Kabupaten Rembang. Modul merupakan salah satu bentuk bahan ajar yang dikemas secara utuh dan sistematis, didalamnya memuat seperangkat pengalaman belajar yang terencana dan didesain untuk membantu peserta didik menguasai tujuan belajar yang spesifik (Daryanto, 2013:9). Modul pembelajaran berbasis Problem Based Learning merupakan modul yang penggunaannya dipadukan dengan model pembelajaran berbasis masalah. Metode yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan (research and development) dengan menggunakan langkah-langkah yang dikembangkan oleh Borg dan Gall (2003:772) yaitu: 1) penelitian pendahuluan dan pengumpulan data awal; 2) perencanaan penelitian; 3) pengembangan produk awal; 4) uji coba lapangan permulaan; 5) revisi produk utama; 6) uji lapangan utama; 7) revisi produk operasional; 8) uji lapangan operasional; 9) revisi produk akhir; 10) penyebaran dan implementasi. Namun, karena penyesuaian dengan produk yang dikembangkan maka penelitian ini berhenti sampai langkah ke sembilan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan test, observasi, wawancara dan angket. Analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif dan kuantitatif. Sumber data penelitian ini adalah guru dan siswa kelas 5 SD Negeri Jinanten dan SD Negeri Joho Kecamatan Sale, Kabupaten Rembang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis kebutuhan modul pembelajaran IPAS berbasis Problem Based Learning sangat tinggi. Desain pengembangan produk dilakukan melalui tahap perencanaan, proses dan evaluasi. Validasi ahli media, materi, bahasa, praktisi pendidikan menghasilkan nilai validitas >80%. Uji efektivitas dilakukan dengan uji t dan SPSS menunjukkan perbedaan signifikan (sig.0,000) antara kelas kontrol dan eksperimen. Dari hasil ini, disimpulkan modul pembelajaran IPAS berbasis Problem Based Learning dapat digunakan dalam pembelajaran IPAS Kurikulum Merdeka di kelas 5 SD.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1 : Dr. Erik Aditia Ismaya, M.A Dosen Pembimbing 2 : Dr. Khamdun, M.Pd |
Kata Kunci: | Modul, IPAS, Problem Based Learning |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 23 Feb 2024 00:48 |
Last Modified: | 23 Feb 2024 00:48 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20371 |
Actions (login required)
View Item |