Mengatasi malas belajar melalui pendekatan behavior teknik self management pada siswa kelas x elektronika smk n 1 kalinyamatan

Muliasetyani, Maulinda Tri (2023) Mengatasi malas belajar melalui pendekatan behavior teknik self management pada siswa kelas x elektronika smk n 1 kalinyamatan. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (670kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (310kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (919kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (16MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah menemukan faktor-faktor yang mempengaruhi rasa malas belajar di SMK N 1 Kalinyamatan serta mengatasi malas belajar melalui penerapan Konseling Behavior Teknik Self Managemet. Konseling Behavior menekankan pada kognitif individu dan memiliki berbagai metode yang berorientasikan pada tingkah laku, dimaksudkan agar siswa dapat mengubah tingkah laku yang tidak baik menjadi tingkah laku yang diingingkan (lebih baik) dan dapat dikendalikan. Selanjutnya Teknik Self Management digunakan agar mampu memaksimalkan dan mengelola perasaan, pikiran, dan perbuatan untuk mendorong pada perilaku yang dikehendaki, sebagai konseli harus memperhatikan masalah-masalah yang sering dialami siswa nya. Dalam hal ini dapat mengatasi hambatan yang ada dalam pembelajaran untuk mengatasi rasa malas belajar siswa. Penelitian dilaksanakan di SMK N 1 Kalinyamatan, Jepara pada tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian yaitu kualitatif studi kasus. Subjek penelitian adalah siswa SMK yang mengalami masalah malas belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan kunjungan rumah. Analisis data yang digunakan adalah analisis data system bacon. Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan Behavior teknik Self Management dalam mengatasi malas belajar pada siswa kelas X elektronika di SMKN 1 Kalinyamatan dapat mengubah perilaku maladaptif menjadi adaptif. Sebelum dilakukannya konseling tingkat skala interval yang dimiliki TAS 65% dalam kategori tinggi. Adapun sebab yang membuat TAS malas belajar dari faktor internal yaitu faktor ekonomi yang kurang, sering kelelahan bekerja, dan sering bermain game online, faktor eksternal yaitu kurang perhatian dari orangtuanya. Adapun hasil dari tingkat skala interval yang dimiliki AMN 67,5% dalam kategori sangat tinggi, hal ini disebabkan oleh faktor internal yaitu jadwal yang padat, sering kelelahan akibat menongkrong atau bermain futsal. Sedangkan faktor eksternal yang ada pada kasus AMN yaitu memiliki orangtua yang tegas dan sibuk. Maka dari itu TAS dan AMN sama sama memiliki permasalahan malas belajar. Setelah dilakukan konseling individu dengan pendekatan Behavior Teknik Self Management konseli dapat mengurangi perilaku yang tidak baik berubah menjadi yang lebih baik, yang dimana bahwa konseling individu menggunakan pendekatan Behavioristik teknik Self Management berhasil digunakan untuk mengatasi permasalahan malas belajar pada TAS dan AMN, dibuktikan dengan tingkat skala interval yang dimiliki TAS menjadi 46,35% dengan kategori sedang, untuk skala interval yang dimiliki AMN menjadi 56,25% kategori tinggi, terlihat adanya perbedaan sebelum dan sesudah dilakukannya konseling. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, peneliti memberikan saran kepada beberapa pihak : 1) Bagi siswa sangat penting belajar disertai minat belajar dalam diri siswa. 2) Kepala sekolah dapat memberikan fasilitas kenyaman bagi siswa dan memenuhi sarana prasarana di sekolah. 3) Guru BK dapat lebih supportif terhadap anak yang memiliki kemampuan lebih dalam bidang akademik/non akademik. 4) Diharapkan untuk kedepannya, peneliti dapat menerepkan konseling Behavior dengan teknik Self Management sebagai rujukan dalam pengentasan masalah peserta didik yang malas belajar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1: Drs. Arista Kiswantoro, M.Pd. DOSEN PEMBIMBING 2: Dra. Sumarwiyah, M.Pd., Kons.
Kata Kunci: Malas Belajar, Konseling Behavior, Self Management.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Feb 2024 00:50
Last Modified: 23 Feb 2024 00:50
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20372

Actions (login required)

View Item View Item