Analisis kesulitan belajar matematika peserta didik dalam menyelesaikan operasi hitung pecahan pada siswa kelas v di sd negeri 4 mayonglor

NUGROHO, ILHAM ARIEF (2023) Analisis kesulitan belajar matematika peserta didik dalam menyelesaikan operasi hitung pecahan pada siswa kelas v di sd negeri 4 mayonglor. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HAL JUDUL]
Preview
Text (HAL JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (415kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (790kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstrak

Permasalahan belajar yang dialami sebagian besar siswa kelas V SD Negeri 4 Mayonglor yaitu masih kesulitan menguasai materi operasi hitung pecahan. Pada materi ini, siswa masih kesulitan menyamakan penyebut yang berbeda, siswa masih bingung dengan operasi perkalian dalam pecahan karena sebagian besar siswa perkalian sepenuhnya tidak hafal. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pola kesulitan belajar matematika yang dialami peserta didik serta respon peserta didik dan guru terhadap kesulitan belajar matematika dalam menyelesaikan operasi hitung pecahan pada siswa kelas V SD Negeri 4 Mayonglor. Menurut beberapa pendapat ahli, bahwa kesulitan dalam pembelajaran pecahan adalah siswa belum memahami konsep pecahan sehingga masih banyak melakukan kesalahan dalam menangani dan menyelesaikan masalah matematika. Pola kesulitan belajar matematika merupakan tipe atau ciri-ciri individu yang mengalami kesulitan dalam memahami dan menguasai konsep, teori, dan keterampilan matematika. Beberapa contoh kesulitan matematika seperti yang telah dijelaskan di atas antara lain siswa kesulitan menghitung pecahan, kesulitan menggunakan pecahan, kesulitan memahami soal kata pecahan, dan kesulitan menyelesaikan soal matematika pecahan. Dalam pembelajaran matematika, konsep stimulus dan respon yang ditemukan oleh Thorndike dapat diterapkan melalui pendekatan behavioral, yaitu memberikan penguatan positif dan menghindari penguatan negatif. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Sumber data pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 4 Mayonglor yang berjumlah 5 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dalam bentuk deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mempelajari proses matematika, kesulitan yang dihadapi siswa dalam melakukan perhitungan pecahan pada siswa kelas V SD Negeri 4 Mayonglor yaitu kesulitan dalam memahami konsep dasar pecahan, apalagi jika menjumpai pecahan berbeda yang sulit dalam kecerdasan membaca khususnya pada operasi pecahan yang meliputi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian pecahan. Permasalahan pembelajaran matematika yang dihadapi oleh siswa kelas V SD Negeri 4 Mayonglor saat menyelesaikan tugas matematika. Kesulitan utama terletak pada pemahaman konsep dasar pecahan, terutama dalam memahami hubungan antara pembilang dan penyebut.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1 : Imaniar Purbasari M.Pd Dosen Pembimbing 2 : Ahmad Bakhruddin S.Pd.I., M.Pd
Kata Kunci: Kesulitan Belajar, Matematika, Operasi Hitung Pecahan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Feb 2024 01:09
Last Modified: 23 Feb 2024 01:09
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20375

Actions (login required)

View Item View Item