Arisada, Falikh Fadila (2023) Selamat Pagi, Hasil cek plagiasi telah keluar, berikut kami lampirkan filenya. Terima kasih telah menggunakan layanan UPT Perpustakaan UMK. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (488kB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (250kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (243kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (780kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (451kB) | Request a copy |
|
Text (BAB VI)
BAB VI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (334kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (328kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstrak
Instagram merupakan sebuah platform sosial media yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk mengajar siswa dalam menulis teks recount. Hal ini disebabkan dalam platform Instagram sendiri, terdapat banyak fitur yang bisa digunakan untuk meningkatkan minat siswa dalam proses belajar dan mengajar terutama dalam pembelajaran menulis teks recount. Dari teori dan materi yang autentik, peneliti menggunakan media ini untuk mengajar siswa dalam menulis teks recount. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi efektifitas Instagram sebagai media dalam mengajar menulis teks recount terhadap siswa kelas sepuluh. Penelitian ini didukung oleh beberapa penelitian sebelumnya. Saleh (2021) dan Basith (2020) melakukan penelitian serupa tentang Instagram sebagai media dan menemukan bahwa Instagram memberikan banyak manfaat untuk belajar bahasa Inggris. Listiani (2016) menambahkan bahwa pembelajaran menulis di Instagram lebih efektif daripada pembelajaran menulis yang berpusat pada guru. Namun, Anggia (2019) dalam penelitiannya menambahkan bahwa masih ada kesalahan tata bahasa yang ditemukan dalam penulisan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan menggunakan eksperimen semu sebagai desain penelitian. Total sampel yang diambil adalah 36 siswa dari kelas X-10 yang diambil dengan menggunakan Teknik cluster random sampling. Peneliti menggunakan tes sebagai instrument penelitian. Tes yang digunakan berupa tes menulis. Tes menulis dilakukan untuk mengetahui kemampuan menulis teks recount siswa sebelum dan sesudah diajar dengan menggunakan Instagram sebagai media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan dari 49,14 menjadi 79,25 dan dari kategori lemah menjadi kategori sangat baik. Dan perhitungan uji-t menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini karena hasil uji-t lebh besar dari nilai t-tabel (12.879 > 1.690). hasil sig. (2-tailed) juga menunjukkan bahwa sig. (0.000) lebih kecil dari nilai sig. α (0.05). Kesimpulannya, telah terjadi perubahan yang signifikan pada kemampuan menulis teks recount siswa sebelum dan setelah pembelajaran menggunakan
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING 1: Titis Sulistyowati, S.S., M.Pd. DOSEN PEMBIMBING 2: Farid Noor Romadlon, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Instagram, Media, Menulis, Text Recount |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 23 Feb 2024 18:09 |
Last Modified: | 23 Feb 2024 18:09 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20376 |
Actions (login required)
View Item |