Selamat Pagi, Hasil cek plagiasi telah keluar, berikut kami lampirkan filenya. Terima kasih telah menggunakan layanan UPT Perpustakaan UMK.

Arisada, Falikh Fadila (2023) Selamat Pagi, Hasil cek plagiasi telah keluar, berikut kami lampirkan filenya. Terima kasih telah menggunakan layanan UPT Perpustakaan UMK. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (488kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (250kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (780kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (451kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI] Text (BAB VI)
BAB VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (328kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Instagram merupakan sebuah platform sosial media yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk mengajar siswa dalam menulis teks recount. Hal ini disebabkan dalam platform Instagram sendiri, terdapat banyak fitur yang bisa digunakan untuk meningkatkan minat siswa dalam proses belajar dan mengajar terutama dalam pembelajaran menulis teks recount. Dari teori dan materi yang autentik, peneliti menggunakan media ini untuk mengajar siswa dalam menulis teks recount. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi efektifitas Instagram sebagai media dalam mengajar menulis teks recount terhadap siswa kelas sepuluh. Penelitian ini didukung oleh beberapa penelitian sebelumnya. Saleh (2021) dan Basith (2020) melakukan penelitian serupa tentang Instagram sebagai media dan menemukan bahwa Instagram memberikan banyak manfaat untuk belajar bahasa Inggris. Listiani (2016) menambahkan bahwa pembelajaran menulis di Instagram lebih efektif daripada pembelajaran menulis yang berpusat pada guru. Namun, Anggia (2019) dalam penelitiannya menambahkan bahwa masih ada kesalahan tata bahasa yang ditemukan dalam penulisan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan menggunakan eksperimen semu sebagai desain penelitian. Total sampel yang diambil adalah 36 siswa dari kelas X-10 yang diambil dengan menggunakan Teknik cluster random sampling. Peneliti menggunakan tes sebagai instrument penelitian. Tes yang digunakan berupa tes menulis. Tes menulis dilakukan untuk mengetahui kemampuan menulis teks recount siswa sebelum dan sesudah diajar dengan menggunakan Instagram sebagai media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan dari 49,14 menjadi 79,25 dan dari kategori lemah menjadi kategori sangat baik. Dan perhitungan uji-t menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini karena hasil uji-t lebh besar dari nilai t-tabel (12.879 > 1.690). hasil sig. (2-tailed) juga menunjukkan bahwa sig. (0.000) lebih kecil dari nilai sig. α (0.05). Kesimpulannya, telah terjadi perubahan yang signifikan pada kemampuan menulis teks recount siswa sebelum dan setelah pembelajaran menggunakan

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1: Titis Sulistyowati, S.S., M.Pd. DOSEN PEMBIMBING 2: Farid Noor Romadlon, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Instagram, Media, Menulis, Text Recount
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Feb 2024 18:09
Last Modified: 23 Feb 2024 18:09
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20376

Actions (login required)

View Item View Item