Model example non example berbantuan media panca dalam meningkatkan pemahaman konsep kelas iii di sdn 03 terban

Aminatun, Ida (2023) Model example non example berbantuan media panca dalam meningkatkan pemahaman konsep kelas iii di sdn 03 terban. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (453kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB 2.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB 3.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (808kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB 5.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFPUS.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstrak

Dalam pembelajaran tematik khususnya muatan Bahasa Indonesia dan PPKn siswa kelas III SDN 03 Terban masih banyak siswa yang dalam proses pembelajaran bagian pemahaman konsep yang kurang sehingga menyebabkan nilai dibawah KKM (KKM 75). Oleh karena itu, perlu suatu upaya dan kesadaran untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa yaitu melalui penggunaan model Example Non Example dengan berbantuan media Panca. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa, serta pemahaman konsep siswa kelas III SDN 03 Terban tahun pelajaran 2022/2023 dalam menyelesaikan soal pemahaman konsep pada mata pelajaran tematik muatan Bahasa Indonesia dan PPKn. Pembelajaran example non example adalah model dengan memakai media gambar sebagai wadah untuk menganalis yang dilakukan oleh siswa sehingga memberikan penjabaran singkat dari materi pelajaran yang menekankan kemampuan siswanya untuk memahami suatu konsep dari contoh materi yang dibahas. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SDN 03 Terban sejumlah 27 anak yang terdiri dari 15 perempuan dan 12 laki-laki. Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan tes. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus 1 dengan 2 pertemuan dan siklus dua dengan 2 pertemuan. Tiap siklus memiliki empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, serta yang terakhir refleksi. Penelitian dikatakan berhasil apabila nilai siswa sekurang-kurangnya memperoleh nilai ≥75. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Ketuntasan belajar siswa pada siklus 1 sebesar 74,04% dengan nilai rata-rata 77,00 dan pada siklus 2 sebesar 96.00% dengan nilai rata-rata 80,00 (2) Skor aktivitas belajar siswa pada siklus 1 sebesar 94% dan pada siklus 2 sebesar 95%. Dari data diatas jelas menunjukkan bahwa pada siklus 1 dan siklus 2 indikator keberhasilan tercapai. Penggunaan model example non example menggunakan media Panca dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitasbelajar siswa, dan pemahaman konsep siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1: Dr. Erik Aditia Ismaya, S.Pd., M.A. Dosen Pembimbing 2: Much Arsyad Fardani, M.Pd
Kata Kunci: Example Non Example, Media Panca, Pemahaman Konsep
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Feb 2024 18:57
Last Modified: 23 Feb 2024 18:57
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20381

Actions (login required)

View Item View Item