Implementasi pendidikan karakter melalui budaya sekolah di sd negeri tanjunganyar 2

MONICA, RIKA (2023) Implementasi pendidikan karakter melalui budaya sekolah di sd negeri tanjunganyar 2. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (305kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (318kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (657kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (157kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (14MB) | Request a copy

Abstrak

Implementasi pendidikan karakter melalui budaya sekolah di SD Negeri Tanjunganyar 2. Dalam membentuk dan membangun karakter anak yang baik pada usia sekolah dasar diperlukan implementasi pendidikan karakter melalui budaya sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter melalui budaya sekolah di SD Negeri Tanjunganyar 2. Pendidikan karakter merupakan suatu usaha sadar untuk menanamkan dan mengembangkan nilai-nilai kebaikan untuk memperbaiki karakter dan melatih intelektual peserta didik, agar tercipta generasi berilmu dan berkarakter yang dapat memberikan kebermanfaatan bagi lingkungan sekitar. budaya sekolah adalah sekumpulan nilai yang melandasi perilaku, tradisi, kebiasaan keseharian, dan simbol- simbol yang dipraktekkan oleh kepala sekolah, guru, petugas administrasi, siswa dan masyarakat sekitar sekolah. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian naratif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, siswa, dan staf sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, Nilai-nilai yang menjadi fokus utama dalam penelitian pendidikan karakter melalui budaya sekolah di SD Negeri Tanjunganyar 2, yaitu religius, nasionalis, integritas, mandiri, dan gotong royong. Kelima nilai karakter tersebut di implementasikan melalui kegiatan rutin, pembiasaan, keteladanan oleh guru dan pengondisian lingkungan. Kegiatan rutin di SD Negeri Tanjunganyar 2 seperti apel pagi membaca asmaul husna dan menyanyikan lagu-lagu nasional. Faktor penghambat dan pendukung dalam implementasi pendidikan karakter melalui budaya sekolah berasal dari lingkungan sekolah, guru, orang tua, dan siswa itu sendiri. Kesimpulan dalam penelelitian adalah Pendidikan karakter dalam budaya sekolah di SD N Tanjunganyar 2 pada dasarnya terimplementasi pada kegiatan rutin, keteladanan oleh guru dan pengondisian lingkungan. Nilai-nilai karakter yang dikembangkan yaitu nilai religius, nasionalis, intregitas, mandiri dan gotong royong. Implementasi pendidikan karakter terealisasi melalui penanaman nilai-nilai karakter dalam budaya sekolah yaitu melalui penyediaan fasilitas-fasilitas, sarana dan prasarana yang memadai untuk mendukung berbagai aktivitas pada program sekolah maupun yang dibiasakan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1: Dr. Wawan Shokib Rondli, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembembing 2: Ika Ari Pratiwi, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Implementasi, Pendidikan Karakter, Budaya Sekolah
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Feb 2024 19:20
Last Modified: 23 Feb 2024 19:20
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20384

Actions (login required)

View Item View Item