Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita kelas v sd negeri 4 welahan

SETYOWATI, DEWI (2023) Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita kelas v sd negeri 4 welahan. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (372kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (521kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (301kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy

Abstrak

Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih kurang ketika mengerjakan soal-soal yang membutuhkan pemecahan masalah. Hal tersebut peneliti temukan saat melakukan studi pendahuluan di SD Negeri 4 Welahan, siswa lebih suka bentuk soal langsung daripada bentuk soal cerita. Dalam menyelesaikan soal cerita, siswa belum bisa memahami maksud dari soal cerita yang diberikan sehingga kesulitan dalam menyelesaikannya. Siswa masih belum mampu mengidentifikasi apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan pada soal. Siswa juga masih bingung dengan penggunaan rumusnya, sering terbalik sehingga dalam penyelesaian soal kurang tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita kelas V SD Negeri 4 Welahan. Kemampuan pemecahan masalah matematis adalah suatu keterampilan pada siswa agar mampu menggunakan kegiatan matematik untuk memecahkan masalah. Terdapat empat indikator tahapan pemecahan masalah, yaitu: memahami masalah, menyusun rencana penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali. Kemampuan pemecahan masalah harus dimiliki oleh siswa untuk menyelesaikan soal-soal berbasis masalah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang dilaksanakan di SD Negeri 4 Welahan. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan uji kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas. Analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah teknik analisis data studi kasus Robert K. Yin. Teknik analisis data tersebut meliputi penjodohan pola, eksplanasi data dan analisis deret waktu. Hasil penelitian diperoleh bahwa siswa dengan kategori tinggi dapat menyelesaikan semua soal cerita dengan tepat dan mampu memenuhi keempat indikator kemampuan pemecahan masalah matematis. Siswa dengan kategori sedang cenderung memenuhi 3 dari 4 indikator kemampuan pemecahan masalah matematis. Serta terdapat beberapa soal dengan penyelesaian yang kurang tepat. Siswa dengan kategori rendah hanya mampu memenuhi 1 indikator atau bahkan tidak memenuhi semua indikator kemampuan pemecahan masalah matematis. Dalam penyelesaian soal cerita, hampir dari semua soal yang dikerjakan oleh siswa dengan kategori rendah terselesaikan dengan kurang tepat. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang berbeda-beda, yaitu pada kategori tinggi, sedang dan rendah. Hendaknya guru dapat lebih banyak menggunakan soal-soal pemecahan masalah dalam pembelajaran agar siswa terbiasa berpikir kritis dan sistematis untuk memecahkan suatu masalah.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: Jayanti Putri Purwaningrum, M.Pd. Dosen Pembimbing II: Lovika Ardana Riswari, M.Pd.
Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis; Soal Cerita; Teori Polya
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Feb 2024 20:00
Last Modified: 23 Feb 2024 20:00
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20389

Actions (login required)

View Item View Item