ROHMAH, FISQIYATUR (2023) Pengembangan media pembelajaran pokja (poster aksara jawa) dalam pengenalan aksara jawa pada siswa kelas iii sekolah dasar. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (794kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (596kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (773kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (690kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (976kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (446kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (557kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (21MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan R&D (Research And Development) atau penelitian pengembangan yang menghasilkan sebuah produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran bahasa Jawa pada materi ajar aksara Jawa dalam bentuk poster. Poster adalah media berisikan tulisan dan gambar yang mengandung sebuah pesan terhadap penggunanya. Aksara Jawa merupakan Aksara atau huruf yang dimiliki oleh masyarakat Jawa. POKJA (Poster Aksara Jawa) adalah media yang dikembangakan berisikan pelatihan menulis aksara Jawa, membaca, serta berlatih soal dengan ditambahkan suatu kalimat ajakan untuk tetap melestarikan budaya daerah. Tujuan media POKJA yaitu untuk membantu siswa mengenal Aksara Jawa dengan baik dan menyenangkan sehingga dapat dengan mudah dipahami oleh siswa. Pengembangan media pembelajaran POKJA (Poster Aksara Jawa) mengadopsi tahapan model pengembangan Borg & Gall yang telah dimodifikasi oleh Sugiyono. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Pengembang melakukan konsultasi dengan ahli media untuk mendapatkan masukan serta saran terkait media yang dikembangkan. Untuk mengetahui kelayakan produk maka dilakukan uji validasi ahli media, ahli materi, dan uji validasi ahli lapangan (guru bahasa Jawa). Adapun hasil penilaiannya dianalis dengan menggunakan teknik analisis skala likert. Hasil penelitian melalui validasi dosen ahli dan uji ahli lapangan (guru bahasa Jawa) menunjukkan bahwa media POKJA (Poster Aksara Jawa) oleh ahli materi telah memenuhi kriteria layak digunakan dengan revisi yang sesuai dengan aspek kesesuaian materi dengan KI dan KD yang memperoleh skor 3,9 dari dosen ahli materi, serta 3,9 dan 4,0 dari ahli materi dilapangan. Uji validasi oleh ahli media dinyatakan telah memenuhi kriteria layak digunakan dengan revisi yang sesuai dengan aspek tampilan, skala, ukuran, dan bahasa yang memperoleh skor 3,8. Pengujian efektivitas pada penggunaan media pembelajaran yang dilalui dengan pelaksanaan tes evaluasi diperoleh rata-rata nilai 81,25 dengan KKM > 70 oleh dua intasi pendidikan, sehingga siswa dinyatakan tuntas. Dengan demikian, media POKJA (Poster Aksara Jawa) dinyakan media pembelajaran dalam mata pelajaran bahasa Jawa yang layak serta diperhitungkan dalam upaya untuk meningkatkan keterampilan membaca serta menulis aksara Jawa.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing I: Dr. Nur Fajrie, S.Pd., M.Pd., Dosen Pembimbing II: Much Arsyad Fardani, M.Pd., |
Kata Kunci: | aksara Jawa; media pembelajaran; pengembangan; poster |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 23 Feb 2024 20:06 |
Last Modified: | 23 Feb 2024 20:06 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20390 |
Actions (login required)
View Item |