Pengembangan media pembelajaran pokja (poster aksara jawa) dalam pengenalan aksara jawa pada siswa kelas iii sekolah dasar

ROHMAH, FISQIYATUR (2023) Pengembangan media pembelajaran pokja (poster aksara jawa) dalam pengenalan aksara jawa pada siswa kelas iii sekolah dasar. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (794kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (596kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (773kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (690kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (976kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (446kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (557kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (21MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan R&D (Research And Development) atau penelitian pengembangan yang menghasilkan sebuah produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran bahasa Jawa pada materi ajar aksara Jawa dalam bentuk poster. Poster adalah media berisikan tulisan dan gambar yang mengandung sebuah pesan terhadap penggunanya. Aksara Jawa merupakan Aksara atau huruf yang dimiliki oleh masyarakat Jawa. POKJA (Poster Aksara Jawa) adalah media yang dikembangakan berisikan pelatihan menulis aksara Jawa, membaca, serta berlatih soal dengan ditambahkan suatu kalimat ajakan untuk tetap melestarikan budaya daerah. Tujuan media POKJA yaitu untuk membantu siswa mengenal Aksara Jawa dengan baik dan menyenangkan sehingga dapat dengan mudah dipahami oleh siswa. Pengembangan media pembelajaran POKJA (Poster Aksara Jawa) mengadopsi tahapan model pengembangan Borg & Gall yang telah dimodifikasi oleh Sugiyono. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Pengembang melakukan konsultasi dengan ahli media untuk mendapatkan masukan serta saran terkait media yang dikembangkan. Untuk mengetahui kelayakan produk maka dilakukan uji validasi ahli media, ahli materi, dan uji validasi ahli lapangan (guru bahasa Jawa). Adapun hasil penilaiannya dianalis dengan menggunakan teknik analisis skala likert. Hasil penelitian melalui validasi dosen ahli dan uji ahli lapangan (guru bahasa Jawa) menunjukkan bahwa media POKJA (Poster Aksara Jawa) oleh ahli materi telah memenuhi kriteria layak digunakan dengan revisi yang sesuai dengan aspek kesesuaian materi dengan KI dan KD yang memperoleh skor 3,9 dari dosen ahli materi, serta 3,9 dan 4,0 dari ahli materi dilapangan. Uji validasi oleh ahli media dinyatakan telah memenuhi kriteria layak digunakan dengan revisi yang sesuai dengan aspek tampilan, skala, ukuran, dan bahasa yang memperoleh skor 3,8. Pengujian efektivitas pada penggunaan media pembelajaran yang dilalui dengan pelaksanaan tes evaluasi diperoleh rata-rata nilai 81,25 dengan KKM > 70 oleh dua intasi pendidikan, sehingga siswa dinyatakan tuntas. Dengan demikian, media POKJA (Poster Aksara Jawa) dinyakan media pembelajaran dalam mata pelajaran bahasa Jawa yang layak serta diperhitungkan dalam upaya untuk meningkatkan keterampilan membaca serta menulis aksara Jawa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: Dr. Nur Fajrie, S.Pd., M.Pd., Dosen Pembimbing II: Much Arsyad Fardani, M.Pd.,
Kata Kunci: aksara Jawa; media pembelajaran; pengembangan; poster
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Feb 2024 20:06
Last Modified: 23 Feb 2024 20:06
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20390

Actions (login required)

View Item View Item