Layanan penguasaan konten menggunakan media audio visual untuk meningkatkan pemahaman kesehatan organ reproduksi remaja karang taruna desa tasikagung

SUDARMADI, ARIS (2023) Layanan penguasaan konten menggunakan media audio visual untuk meningkatkan pemahaman kesehatan organ reproduksi remaja karang taruna desa tasikagung. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Hal Judul.pdf - Published Version

Download (935kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (374kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (621kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (575kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (648kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (342kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (370kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Layanan penguasaan konten adalah layanan yang membantu individu baik kelompok atau perseorangan agar menguasai kemampuan tertentu dengan adanya kegiatan belajar atau pemberian informasi untuk memenuhi kebutuhan dan dapat mengatasi masalah-masalah yang dihadapi individu. media audio visual sebagai slah satu media yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran dengan menggabungkan pendengaran dan penglihatan secara bersamaan ke dalam suatu proses atau kegiatan. Pesan dan informasi yang dapat disampaikan melalui media tersebut dapat berupa pesan verbal dan nonverbal baik yang bersifat visual ataupun auditori. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui pelaksanaan aktivitas layanan penguasaan konten dalam bimbingan kelompok dengan menggunakan media audio visual untuk meningkatkan pemahaman kesehatan reproduksi remaja Karang Taruna Desa Tasikagung; (2) untuk memperoleh hasil peningkatan layanan penguasan konten dalam bimbingan kelompok dengan menggunakan media audio visual dalam meningkatkan pemahaman kesehatan reproduksi remaja Karang Taruna Desa Tasikagung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan (action research). Penelitian tindakan dijelaskan sebagai metode penelitian yang digunakan untuk menguji, mengembangkan, menemukan dan menciptakan tindakan baru dalam menyelesaikan suatu masalah. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Prosedur penelitian yang digunakan yaitu menurut Kurt Lewin yang terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) pelaksanaan layanan dilakukan lima (5) kali pertemuan. Dalam pertemuan tersebut masih terdapat responden yang belum dapat menerapkan hidup sehat dan ada yang sudah menerapkan hidup sehat dan sebagian responden memperhatikan dengan baik; 2) Terdapat perbedaan hasil pemahaman kesehatan reproduksinya sebelum dan sesudah diberikan layanan dengan konten menggunakan media audio visual. Yang artinya, layanan penguasaan konten menggunakan media audio visual dapat meningkatkan pemahaman kesehatan reproduksi remaja Karang Taruna Desa Tasikagung. Pada penelitian ini hendaknya perlu memberikan pembekalan dengan cara sosialisasi, agar dapat mempersiapkan remaja dalam kehidupan bermasyarakat, mengingat pergaulan yang semakin bebas. Sehingga dengan pemahaman dan pengetahuan yang baik maka remaja lebih dapat membawa diri dan mencegah dari perilaku yang dapat merugikan diri mereka. Agar dapat melakukan penelitian dengan pemahaman kesehatan reproduksi yang lebih luas lagi, tidak hanya mengenai pemahaman faktor-faktor yang mempengaruhi kesehatan reproduksi.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: Dr. Edris Zamroni, S.Pd., M.Pd, Dosen Pembimbing II: Nur Mahardika, M.Pd,
Kata Kunci: Layanan Penguasaan Konten, Media Audio Visual, Pemahaman Kesehatan Organ Reproduksi Remaja.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Feb 2024 20:20
Last Modified: 23 Feb 2024 20:20
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20392

Actions (login required)

View Item View Item