Efektivitas model pembelajaran matematika realistik indonesia (pmri) berbantuan e-modul anata untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa smk

Febrianti, Dewi Netta (2023) Efektivitas model pembelajaran matematika realistik indonesia (pmri) berbantuan e-modul anata untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa smk. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of halaman judul]
Preview
Text (halaman judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (24MB) | Preview
[thumbnail of bab 1]
Preview
Text (bab 1)
Bab I.pdf - Published Version

Download (877kB) | Preview
[thumbnail of bab 2] Text (bab 2)
Bab II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (23MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (913kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] Text (bab 4)
Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (23MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] Text (bab 5)
Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (848kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
Text (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (857kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] Text (lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (23MB) | Request a copy

Abstrak

Proses pembelajaran secara langsung menggunakan metode ceramah menjadi salah satu faktor rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil tes studi pendahuluan pada kelas X TITL 1 dan X TITL 2 di SMK NU Ma’arif Kudus, yang memperoleh rata-rata sebesar 53,41 dengan nilai tertinggi 79,17 dan nilai terendah 25. Tujuan dari penelitian ini yaitu, 1) menganalisis rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan rata-rata kemampuan pemahaman konsep kelas kontrol, 2) mengetahui presentase pencapaian siswa terhadap KKTP dalam kemampuan pemahaman konsep matematis siswa menggunakan model pembelajaran PMRI berbantuan E-Modul ANATA, dan 3) menganalisis perbedaan peningkatan rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model PMRI berbantuan E-Modul ANATA dengan rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan pembelajaran langsung. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dalam bentuk Quasi Experimental. Penelitian ini dilaksanakan di SMK NU Ma’arif Kudus. Pada pemilihan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling atau teknik bertujuan, didapatkan kelas X TITL 1 dan X TITL 2 dengan subjek penelitian 72 siswa. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan pemahaman konsep matematis. Sedangkan untuk variabel bebasnya adalah model Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI) berbantuan E-Modul ANATA. Teknik pengumpulan data meliputi tes dan dokumentasi. Analisis data awal yang digunakan meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji kesamaan rata-rata, sedangkan untuk analisis data akhir meliputi independent sampel t test, mencari rata-rata, dan uji N-Gain. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan 1) rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas eksperimen yang lebih baik dibandingkan dengan rata-rata kelas kontrol, 2) pencapaian siswa terhadap KKTP dalam kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran PMRI berbantuan E-Modul mencapai 88,89%, 3) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model PMRI berbantuan E-Modul ANATA dengan rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan pembelajaran langsung. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran PMRI berbantuan E-Modul ANATA terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan disposisi matematis siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1: Dr. Sumaji, S.Pd., M.Pd., Dosen Pembimbing 2: Himmatul Ulya, S.Pd., M.Pd.,
Kata Kunci: E-Modul ANATA, Kemampuan Pemahaman Konsep, Model PMRI
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 25 Feb 2024 17:54
Last Modified: 25 Feb 2024 17:54
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20393

Actions (login required)

View Item View Item