Pengaruh model pembelajaran team games tournament berbantuan media puzzle terhadap hasil belajar siswa kelas 5 tema 8 subtema 1

'AN'AINI, SHOFIYYAH FITHRI (2023) Pengaruh model pembelajaran team games tournament berbantuan media puzzle terhadap hasil belajar siswa kelas 5 tema 8 subtema 1. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of halaman judul]
Preview
Text (halaman judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (612kB) | Preview
[thumbnail of bab 1]
Preview
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of bab 2] Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (331kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (94kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] Text (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman siswa dalam menerima materi pembelajaran dan kurangnya pemahaman siswa dari suatu bacaan, hal ini dikarenakan literasi membaca siswa masih rendah. Pembelajaran Tematik memuat sikap yang harus dikembangkan oleh siswa. Sikap-sikap tersebut akan membuat meningkatnya hasil belajar siswa pada suatu pembelajaran.Berpengaruh atau tidaknya penggunaan model pembelajaran Teams Game Tournament berbantuan media Puzzle ditandai dengan peningkatan atau penurunan hasil belajar. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Penggunaan Model Teams Game Tournament berbantuan media puzzle dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengukur keefektifan penggunaan model Teams Game Tournament berbantuan media puzzle terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Teams Game Tournament merupakan model yang melibatkan permainan serta tournament yang teritesmatis yang akan memberikan skor bagi kelompok yang menjawab dengan cepat serta dinyatakan benar. Perolehan skor terbanyak yang akan menjadi juara 1 dengan mendapat reward. Adapun langkah-langkah model pembelajaran Teams Game Tournament (1) Class Presentation, (2) Team, (3) Game, (4) Tournament, dan (5) Team Recognition. Penelitian ini merupakan penelitian kuantiatif Pre Eksperimental Design yang dilaksanakan di kelas V SD 3 Tenggeles dengan subjek penelitian sejumlah 17 siswa. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa, sedangkan variabel bebasnya adalah model pembelajaran Teams Game Tournament berbantuan media Puzzle. Teknik pengumpulan data meliputi teknik observasi, teknik wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji t (t-test), dan analisis N-Gain. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan signifikan antara nilai pretest dan posttes pada hasil belajar siswa yang ditunjukkan menggunakan uji paired sample t-test diketahui nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara nilai pretest dan posttest. Penelitian ini guru hendaknya dapat menerapkan model pembelajaran teams game tournament berbantuan media puzzle agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1: Siti Masfuah, S.Pd, M.Pd Dosen Pembimbing 2: Dr. Khamdun, S.Pd, M.Pd,
Kata Kunci: Teams Game Tournament (TGT); Puzzle; Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 25 Feb 2024 18:42
Last Modified: 25 Feb 2024 18:42
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20397

Actions (login required)

View Item View Item