Pengaruh media video tempat wisata terhadap keterampilan menulis karangan deskrips pada siswa kelas vii mts nu miftahul ma’arif kaliwungu kudus

Abshor, Ulil (2023) Pengaruh media video tempat wisata terhadap keterampilan menulis karangan deskrips pada siswa kelas vii mts nu miftahul ma’arif kaliwungu kudus. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (366kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (501kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (379kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu kurangnya minat dan pengetahuan siswa dalam menulis teks deskripsi, pembelajaran menulis teks deskripsi dianggap membosankan bagi siswa, serta media yang digunakan guru dalam pembelajaran menulis teks deskripsi kurang bervariasi. Maka dari itu dibutuhkan media pembelajaran yang efektif yaitu video tempat wisata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran video tempat wisata terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII MTs Nu Miftahul Ma’arif Kaliwungu tahun pembelajaran 2022/2023.Metode dan design dalam penelitian ini menggunakan Eksperimen One-Group Prettest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu 174 siswa yang tersebar pada 8 kelas. Sampel yang diambil yaitu kelas VII-C sebanyak 19 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen dengan desain One Group Pre-test Post-test Design. Dari pengolahan data diperoleh hasil pretest dengan nilai rata-rata =57,89 ; standar deviasi= 17,08 ; standar error= 4,02 dan tergolong kategori kurang. Sedangkan hasil posttest diperoleh nilai rata-rata=84,21 ; standar deviasi= 8,16 ; standar error= 1,92 ; dan tergolong kategori baik. Berdasarkan pengujian hipotesis uji normalitas nilai pretest dan posttest, diperoleh bahwa data yang digunakan berdistribusi normal. Selanjutnya pada pengujian hipotesis uji homogenitas diperoleh bahwa sampel yang digunakan berasal dari varian yang homogen. Dan pada pengujian hipotesis uji 5) > ttabel (1,697), dan hipotesis penelitian atau Ha diterim T diperoleh nilai thitung sebesar 6,25; dan ttabel dengan taraf signifikansi α =0,05 dengan dk=19 yaitu 1,697.. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Video tempat wisata berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menulis teks deskripsi kelas VII MTs NU Miftahul Ma’arif tahun pembelajaran 2022/2023

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I :Dr. Irfai Fathurohman. M.Pd. Dosen Pembimbing II :4. Ristiyani, S.Pd, M.Pd
Kata Kunci: Pengaruh, Media Video Tempat wisata, teks deskrips
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
Bahasa dan sastra > Sastra (Umum)
Bahasa dan sastra > Sastra (Umum) > Masyarakat, Komunitas
Program Studi: DDC > Pendidikan Bahasa & Sastra indonesia
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra indonesia
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 26 Feb 2024 01:09
Last Modified: 26 Feb 2024 01:09
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20409

Actions (login required)

View Item View Item