Peran orang tua dalam menumbuhkan minat belajar anak di sd 2 bae

AMALIA, SAVIRA KHUSNI (2023) Peran orang tua dalam menumbuhkan minat belajar anak di sd 2 bae. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (379kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (151kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (548kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (44kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Peran orang tua dalam menumbuhkan minta belajar anak di SD 2 Bae. Minat belajar di SD 2 Bae kelas V rendah dikarenakan orang tua siswa kurang menjalankan perannya. Siswa menjadi tidak terkontrol dan minat belajar anak menjadi rendah. Penelitian ini akan mengkaji lebih dalam mengenai peran orang, hambatan orang tua, upaya orang tua dalam menumbuhkan minat belajar anak di SD 2 Bae. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam menumbuhkan minat belajar anak di SD 2 Bae. Peran merupakan suatu suatu tindakan berdasarkan keikutsertaan dalam menjalankan sesuatu. Orang tua memilik empat peranan utama. Peranan tersebut antara lain pendidik, motivator, fasilitator, dan pembimbing. Minat adalah usaha yang maksimal untuk mencapai sesuatu yang disukai agar anak dapat menguasainya dengan baik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini terbagi menjadi sumber data primer dan sekunder. Data primer berasal dari wawancara dengan 4 orang tua dan 4 Anak kelas V SD 2 Bae. Data sekunder berasal dari wawancara guru, literatur berupa buku, jurnal dan artikel. Data penelitian diperoleh melalui observasi partisipatif, wawancara terstruktur serta dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan koleksi data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua dalam menumbuhkan minat belajar anak di SD 2 Bae berbeda dikarenakan kesibukan dan pengetahuan orang tua. Informan 1 menunjukkan bahwa orang tua DDK tidak menjalankan perannya dengan maksimal sehingga DDK tidak memiliki minat belajar. Informan II menunjukkan bahwa orang tua ZKD sibuk bekerja menjadikan ZKD tidak stabil dalam belajar, minat belajarnya tumbuh ketika ditemani dan dibimbing. Informan III menunjukkan bahwa orang tua AS menjalankan perannya dengan maksimal dan memberikan fasilitas yang lengkap, sehingga minat belajarnya tinggi. Informan IV menunjukkan bahwa orang tua ARA menjalankan perannya dengan mengingatkan ARA untuk belajar sehingga ARA memiliki minat belajar ketika orang tua telah megingatkannya. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah peran orang tua sangat dibutuhkan oleh anak dalam meningkatkan minat belajarnya di sekolah. Beberapa hambatan yang terjadi antara lain orang tua sibuk bekerja, minimnya pengetahuan dan segi ekonomi. Upaya yang dapat dilakukan orang tua dalam menumbuhkan minat belajar anaknya dengan memperbaiki cara mendidik dan manajemen waktu bersama anak, sehingga minat belajar tumbuh dalam diri anak.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1 :Dr. Su’ad, M.Pd. Dosen Pembembing 2: Dr. Erik Aditia Ismaya S.Pd, M.A,
Kata Kunci: Minat Belajar Anak, Pembelajaran SD, Peran Orang Tua
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 26 Feb 2024 01:08
Last Modified: 26 Feb 2024 01:08
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20410

Actions (login required)

View Item View Item