Analisis kesulitan belajar matematika pada materi pembagian pecahan siswa kelas v sd negeri sidomulyo

SETYANINGRUM, SETYANINGRUM (2023) Analisis kesulitan belajar matematika pada materi pembagian pecahan siswa kelas v sd negeri sidomulyo. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (413kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (152kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (414kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (324kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang mengalami kesulitan belajar matematika pada materi pembagian pecahan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kesulitan belajar matematika pada materi pembagian pecahan dan faktor-faktor kesulitan belajar yang dialami siswa kelas V SD Negeri Sidomulyo. Kesulitan belajar merupakan suatu kondisi dimana siswa tidak mampu belajar secara maksimal karena adanya hambatan, kendala atau gangguan dalam belajarnya. Kesulitan belajar yang dialami siswa berhubungan dengan ketidakmampuannya dalam belajar aritmatika yaitu materi pembagian pecahan. Pecahan merupakan bagian dari sesuatu yang utuh, terdiri dari pembilang dan penyebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif studi kasus. Data penelitian ini diperoleh dari siswa dan guru kelas V SD Negeri Sidomulyo melalui teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Analisa data dalam penelitian ini terdiri dari penjodohan pola, pembuatan penjelasan atau eksplanasi, dan analisa deret waktu. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa 1. Kesulitan belajar yang terjadi di SD Negeri Sidomulyo terdiri dari kesulitan dalam memahami konsep, kesulitan dalam keterampilan berhitung, dan kesulitan dalam memecahkan masalah pada soal cerita materi pembagian pecahan. 2. Faktor yang menyebabkan kesulitan belajar terdiri dari faktor internal (dalam diri siswa) dan faktor eksternal (luar diri siswa). Faktor internal terdiri dari aspek psikologisnya saja yaitu minat belajar rendah karena siswa selalu berpikiran bahwa matematika adalah mata pelajaran yang sulit. Sedangkan untuk faktor eksternal terdiri dari faktor lingkungan sosial dan lingkungan non-sosial. Faktor eksternal lingkungan sosial meliputi lingkungan sekolah yaitu siswa selalu bercanda dan tidak fokus dalam pelajaran matematika materi pembagian pecahan. Sedangkan faktor eksternal lingkungan non-sosial terdiri dari sarana dan prasarana yang kurang yaitu guru tidak menggunakan media dalam pembelajaran matematika materi pembagian pecahan. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat 6 siswa yang mengalami kesulitan belajar matematika materi pembagian pecahan. Kesulitan belajar tersebut disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen pembimbing 1: Diana Ermawati, S.Pd., M.Pd. Dosen pembimbing 2: Lovika Ardana Riswari, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Kesulitan belajar matematika, Pembagian Pecahan, Faktor Kesulitan Belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 29 Feb 2024 19:36
Last Modified: 29 Feb 2024 19:36
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20412

Actions (login required)

View Item View Item