Pengaruh model pembelajaran two stay–two stray berbantuan media mathcircle terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa

NINGSIH, SUCI RAHAYU (2023) Pengaruh model pembelajaran two stay–two stray berbantuan media mathcircle terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Hal Judul.pdf - Published Version

Download (828kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (379kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (500kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (390kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (721kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstrak

Proses pembelajaran langsung dengan metode ceramah dapat mengakibatkan rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa, hal tersebut dibuktikan dengan tes kemampuan komunikasi matematis studi pendahuluan pada kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Gebog Kudus, dimana hanya ada 4 siswa tuntas dari 28 siswa yang malaksanakan tes. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental, dengan maksud agar diperoleh keterangan secara optimal menegnai cara membuat dan melaksanakan guna menjawab masalah penelitian. Rancangan penelitian ini menggunakan The Nonequivalent Pretest – Posttest Control Grup Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 180 siswa, dengan menggunakan teknik Purposive Sampling sample yang sejumlah 72 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara pemberian tes pada siswa. Sedangkan analisis data awal menggunakan uji normalitas, dan uji homogenitas data. Sedangkan analisis data akhir menggunakan uji Independent sample t-test, uji independent sample t-test, dan uji Paired Sample Test. Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran Two Stay-Two Stray berbantuan media Mathcircle dapat memberikan pengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi lingkaran SMA N 1 Gebog Kudus. Rata-rata pencapaian kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar melalui model pembelajaran Two Stay–Two Stray berbantuan media Mathcircle lebih baik dibandingkan dengan siswa yang belajar melalui langsung, peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar melalui model pembelajaran Two Stay–Two Stray berbantuan media Mathcircle lebih baik dibandingkan dengan siswa yang belajar melalui langsung, rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa sesudah diterapkan model pembelajaran Two Stay–Two Stray berbantuan media Mathcircle lebih besar dibandingkan dengan sebelum diterapka model pembelajaran Two Stay–Two Stray berbantuan media Mathcircle.. Penerapan model pembelajaran Two Stay–Two Stray berbantuan media Mathcircle perlu diterapkan pada materi persamaan lingkaran untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Penggunaan model pembelajaran yang bervariasi dan memuat langkah menjadikan siswa sebagai pusat belajar dan guru hanya fasilitator sangat diperlukan untuk menunjang kemampuan komunikasi matematis siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: Jayanti Putri Purwaningrum, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing II: Dr. Sumaji, M.Pd.
Kata Kunci: Two Stay – Two Stray, Mathcircle, Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 26 Feb 2024 01:21
Last Modified: 26 Feb 2024 01:21
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20413

Actions (login required)

View Item View Item