FADLIILA, SYIFA (2023) Efl students’ difficulties in listening comprehension in academic listening course at muria kudus university in the academic year 2022/2023. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version Download (691kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (347kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (379kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (328kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (434kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (647kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 6)
BAB VI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (312kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (323kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Dalam beberapa kasus di kelas bahasa, mendengarkan dianggap sebagai keterampilan berbahasa yang paling sulit bagi siswa karena memerlukan perhatian dan konsentrasi lebih untuk memahami materi yang meliputi pemahaman teks dialog dan monolog. Dapat dikatakan bahwa mendengarkan adalah proses yang kompleks di mana banyak hal terjadi secara bersamaan di dalam pikiran. Berdasarkan permasalahan tersebut, skripsi ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan apa yang dihadapi siswa EFL dalam pemahaman mendengarkan dalam kelas academic listening dan menemukan faktor apa yang mempengaruhi siswa EFL kesulitan dalam pemahaman mendengarkan. Penelitian dilakukan di Universitas Muria Kudus. Peserta dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 3 Pendidikan Bahasa Inggris tahun ajaran 2022/2023 yang mengikuti kelas academic listening. Sebanyak 35 mahasiswa mengikuti penelitian ini. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan wawancara untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa mendengarkan adalah ketrampilan yang sangat sulit menurut para mahasiswa yang belajar tentang bahasa asing. Kesulitan yang siswa hadapi dalam ketrampilan mendengarkan adalah berdasarkan dari empat kategori, yaitu pesan konten, pembicara, pendengar, dan pengaturan fisik. Oleh karena itu, aksen, pelafalan, kecepatan berbicara, kurangnya kosa kata, aksen yang berbeda dari pembicara, kurangnya konsentrasi, dan kualitas rekaman yang buruk adalah masalah utama yang dihadapi mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Ada 10 faktor yang menyebabkan siswa merasa kesulitan dalam pemahaman mendengarkan. Pola kalimat, topik yang kurang jelas, perubahan suasana hati, ketidakmampuan untuk mengenali kata dan artinya, dosen menjelaskan materi dengan suara yang pelan, sinyal yang jelek, peralatan tidak memadai, kurangnya kosakata, gangguan, dan kehilangan konsentrasi.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing I: Dr. Diah Kurniati, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing II: Titis Sulistyowati, S.S., M.Pd |
Kata Kunci: | Pemahaman Mendengarkan, Kesulitan Mendengarkan, Kelas Academic Listening |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 26 Feb 2024 01:27 |
Last Modified: | 26 Feb 2024 01:27 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20414 |
Actions (login required)
View Item |