Penerapan lembar kerja siswa (lks) berbasis inkuiri untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa tema 7 kelas v sd 1 kandangmas

YUSFIKA FAUZIYA PUTRI, AFRA GHAIDA (2023) Penerapan lembar kerja siswa (lks) berbasis inkuiri untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa tema 7 kelas v sd 1 kandangmas. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (581kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (484kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (621kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (97kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD 1 Kandangmas dengan menerapkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Inkuiri pada Tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan. Berpikir kritis merupakan suatu kegiatan melalui cara berpikir secara jernih, reflektif, independen, dan rasional tentang ide atau gagasan yang berhubungan dengan konsep yang diberikan atau masalah yang dipaparkan. Model pembelajaran inkuiri adalah model pembelajaran yang melibatkkan seluruh siswa agar berpikir secara teliti, analogis dan sistematis sehingga bisa memecahkan masalah yang dihadapinnya. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri pada Tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan siswa kelas V SD 1 Kandangmas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD 1 Kandangmas dengan subjek penelitian 13 siswa yang terdiri dari 3 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian model Kemmis dan Mc Taggart yang dilakukan sebanyak dua siklus. Penelitian ini terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini terlihat pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 74,2 dengan persentase ketuntasan klasikalnya 62% yang tergolong kriteria tinggi. Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 81,3 dengan persentase ketuntasan 85% yang tergolong kriteria sangat tinggi. Penelitian tersebut dapat dikatakan berhasil karena telah mencapai indikator keberhasilan sebesar 75% dari seluruh siswa yang mencapai nilai ≥75. Berdasarkan hasil tersebut , disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dapat meningkat melalui penerapan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Inkuiri. Berdasarkan hasil penelitan tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SD 1 Kandangmas, disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dapat meningkat melalui penerapan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Inkuiri pada Tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan. Oleh karena itu, disarankan dalam menerapkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Inkuiri lebih terampil dan inovatif dalam meningkatkan partisipasi siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: F. Shoufika Hilyana, S.Si., M.Pd Dosen Pembimbing II: Much. Arsyad Fardani, S.Pd. M.Pd.
Kata Kunci: Berpikir Kritis, Inkuiri, Lembar Kerja Siswa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 26 Feb 2024 20:15
Last Modified: 26 Feb 2024 20:15
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20425

Actions (login required)

View Item View Item