Analisis gambar anak berkebutuhan khusus (autis) dalam kemampuan ekspresi diri di yayasan lentera hati kudus

PUSPANINGRUM, DITA INDAH (2023) Analisis gambar anak berkebutuhan khusus (autis) dalam kemampuan ekspresi diri di yayasan lentera hati kudus. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (421kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (413kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (304kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (867kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (146kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Gambar merupakan cabang dari seni rupa dua dimensi yang menghasilkan produk berupa gambar. Gambar merupakan media untuk mengungkapkan gagasan seseorang. Bentuk karya gambar anak berkebutuhan khusus bagi penyandang autis merupakan salah satu ajang untuk mereka berekspresi diri. Kasus dalam penelitian ini adalah bagaimana proses menggambar anak berkebutuhan khusus (autis) dalam kemampuan ekspresi diri dan bagaimana hasil gambar karya anak berkebutuhan khusus (autis) dalam kemampuan ekspresi diri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana proses serta hasil karya gambar anak berkebutuhan khusus (autis) dalam kemampuan ekspresi diri di Yayasan Lentera Hati Kudus. Penelitian ini dilaksanakan di Yayasan Lentera Hati Kudus dengan subjek penelitian empat siswa penyandang autis, kepala sekolah, guru wali kelas, guru pendamping anak berkebutuhan khusus. Pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan triangulasi, meliputi triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini untuk menghasilkan sebuah gambar bagi anak autis melalui beberapa tahap. Tahap menggambar di Yayasan Lentera Hati Kudus melalui tiga tahap. Tiga tahap meliputi tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap penutup. Tahap persiapan, siswa dibantu oleh guru menyiapkan alat dan bahan serta untuk membuat ide atau gagasan untuk digambar pada media. Tahap pelaksanaan, kegiatan pada tahap pelaksanaan adalah siswa memulai membuat sketsa dan mewarnai gambar. Tahap yang terakhir adalah tahap penutup, siswa melakukan tahap akhir untuk merapikan gambar. Penelitian ini menghasilkan deskripsi hasil gambar anak berkebutuhan khusus (autis). Ke-empat subjek penelitian menghasilkan gambar yang baik jika ditinjau dari unsur-unsur seni rupa dan prinsip seni rupa. Rata-rata siswa autis menggambar bebas sesuai dengan kesukaan dan kegemaran. Siswa autis dapat menghasilkan gambar yang baik jika siswa merasa senang, bahagia, rasa suka atau dengan keadaan yang baik-baik saja.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: Dr. Nur Fajrie, S.Pd., M.Pd., Dosen Pembimbing II: Ika Ari Pratiwi, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Anak Berkebutuhan Khusus (Autis), Gambar, Ekspresi Diri
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 26 Feb 2024 20:20
Last Modified: 26 Feb 2024 20:20
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20426

Actions (login required)

View Item View Item