Pengembangan e-modul hak dan kewajiban berbasis mind mapping muatan pendidikan pancasila di sd 03 glagahwaru

WULANDARI, AFIDA (2023) Pengembangan e-modul hak dan kewajiban berbasis mind mapping muatan pendidikan pancasila di sd 03 glagahwaru. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (756kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (294kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (571kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstrak

Permasalahan yang mendasari penelitian ini yaitu bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran hanya berupa modul cetak yang kurang interaktif sehingga siswa kurang antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah Mendeskripsikan desain e-modul hak dan kewajiban berbasis mind mapping siswa kelas V SD 3 Glagahwaru. (2) Mendeskripsikan validitas e-modul hak dan kewajiban berbasis mind mapping siswa kelas V SD 3 Glagahwaru. (3) Mendeskripsikan tingkat keefektifan penggunaan e-modul hak dan kewajiban berbasisi mind mapping sebagai bahan ajar pada muatan pembelajaran Pendidikan Pnacasila kelas V di SD 03 Glagahwaru. Eletronik Modul (e-modul) merupakan inovasi terbaru dari modul cetak, sehingga e-modul dapat diakses dengan bantuan computer atau gadget yang sudah terintegrasi dengan perangkat lunak yang mendukung pengangsesan e-modul. Kewajiban adalah segala sesuatu yang harus dilakukan sesuai aturan yang berlaku, sedangkan hak adalah segala sesuatu yang harus dan dimiliki oleh semua warga masyarakat. Mind Mapp adalah peta rute yang hebat bagi ingatan, memungkinkan kita menyusun fakta dan pikiran sedemikian rupa sehingga cara kerja alami otak dilibatkan sejak awal. Penelitian pengembangan ini akan dilaksanakan di SD 03 Glagahwaru dengan subjek penelitian 7 siswa. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model menurut Sugiyono dengan 10 langlah, namun peneliti hanya sampai tahap ke 7 yaitu sampai tahap revisi produk. Analisis data yang digunakan meliputi desain pengembangan E-modul, Vliditas E-modul, dan Keefektifan E-modul. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukan bahwa bahan ajar E-modul Hak dan Kewajiban berbsisi mind mapping sangat layak digunakan dalam pembelajaran. Hasil presentase kelayakan materi yang diperoleh sebesar 90,35% dan hasil kelayakan bahan ajar sebesar 93,75% yang artinya Hak dan Kewajiban sangat layak digunakan. Kefektifan media diukur dengan uji coba produk skala terbatas dengan hasil nilai soal evaluasi dan angket respon siswa yang memeproleh nilai rata-rata sebesar 92,30% dikatakan “sangat baik”. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa bahan ajar E-modul Hak dan Kewajiban dinyakatan layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila kelas V SD 03 Glagahwaru.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: Dr. Wawan Shikob Rondli, M.Pd, Dosen Pembimbing II: Lintang Kironoratri, M.Pd,
Kata Kunci: Pengembangan E-Modul, Hak dan Kewajiban, Mind Mapping
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 28 Feb 2024 18:30
Last Modified: 28 Feb 2024 18:30
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20435

Actions (login required)

View Item View Item