ARYANI, VINA (2023) Pengembangan e- story book berbasis kearifan lokal dalam materi dongeng fiksi bledug kuwu di sd n 1 tuko. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (437kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (196kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (383kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (350kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (98kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (265kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan sumber bahan ajar dalam materi dongeng kelas III Sekolah Dasar. Guru menggunakan sumber belajar konvensional (LKS) yang belum terintegrasi dengan kearifan lokal. Siswa memiliki buku cerita dongeng bergambar yang sifatnya mudah rusak. Dalam muatan bahasa Indonesia hasil belajar siswa sudah cukup baik, akan tetapi hal tersebut bersifat objektif karena tidak hanya memuat satu materi saja dan tidak murni hasil kemampuan siswa itu sendiri. Solusi dari permasalahan tersebut yaitu dengan menginovasikan sumber bahan ajar media pembelajaran yang dapat bertahan lama. Tujuan penelitian ini yaitu (1) menganalisis kebutuhan media pembelajaran, (2) mengembangkan desain produk, dan (3) menguji efektifitas media e-story book berbasis kearifan lokal dalam materi dongeng kelas III. Kearifan lokal sebagai sumber bahan ajar dapat digunakan pendidik untuk menyusun perangkat pembelajaran dengan kualitas yang lebih baik sehingga menumbuhkan mentalitas dan moralitas peserta didik sesuai pandangan hidup masyarakat setempat. E-story book merupakan media pembelajaran yang disajikan dalam bentuk cerita bergambar berbasis digital berisi kumpulan informasi terkait materi dengan visualisasi semenarik mungkin, bertujuan untuk menumbuhkan minat dan motivasi belajar siswa. Dongeng merupakan karya sastra fiksi yang tidak benar-benar terjadi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SD N 1 Tuko dengan jenis penelitian yaitu Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan data kualitatif dan kuantitatif dengan desain penelitian sekuensial eksploratori. Hasil penelitian membuktikan pada tahap analisis, subjek membutuhkan media e-story book berbasis kearifan lokal, media e-story book terbukti sangat valid dengan nilai akhir 96,43% oleh ahli materi dan 86,25% oleh ahli media. Uji coba media skala luas mendapatkan n-gain score 0,73 dalam kategori tinggi. Sehingga media e-story book efektif digunakan dalam materi dongeng kelas III di SD N 1 Tuko. Siswa membutuhkan media e-story book dalam materi dongeng, media e-story book sangat valid digunakan dan terbukti efektif. Penelitian ini hendaknya guru dapat menginovasikan media berbasis digital dan berkearifan lokal sehingga menarik minat belajar dan membaca siswa dengan penggunaan yang lebih praktis, tahan lama dan dapat digunakan berulang.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing I: Dr. Nur Fajie, M.Pd Dosen Pembimbing II: Lintang Kironoratri, M.Pd., |
Kata Kunci: | Dongeng Fiksi; E-Story Book; Kearifan Lokal. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 28 Feb 2024 18:37 |
Last Modified: | 28 Feb 2024 18:37 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20436 |
Actions (login required)
View Item |