Efektivitas model pembelajaran problem solving berbantuan media go-math terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa

DHORIF, MUHAMMAD (2023) Efektivitas model pembelajaran problem solving berbantuan media go-math terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Hal Judul.pdf - Published Version

Download (788kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (437kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (438kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (460kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (94kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstrak

Model pembelajaran ceramah dapat mengakibatkan rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, hal tersebut dibuktikan dengan tes kemampuan pemahaman konsep matematis studi pendahuluan pada kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Gebog Kudus, dari 36 siswa yang malaksanakan tes terdapat 2 orang siswa dengan kriteria baik, 4 orang dengan kriteria cukup dan 30 orang dengan kriteria perlu bimbingan. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk menganalisis perbedaan pencapaian kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang belajar melalui model pembelajaran Problem Solving berbantuan media Go-Math lebih baik dibandingkan dengan siswa yang belajar melalui ceramah. 2) Untuk menganalisis perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang belajar melalui model pembelajaran Problem Solving berbantuan media Go-Math lebih baik dengan siswa yang belajar melalui ceramah. 3) Untuk menganalisis perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sesudah diterapkan model pembelajaran Problem Solving berbantuan media Go-Math lebih baik dibandingkan dengan sebelum diterapkan model pembelajaran Problem Solving berbantuan media Go-Math. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental, dengan maksud agar diperoleh keterangan secara optimal mengenai cara membuat dan melaksanakan guna menjawab masalah penelitian. Rancangan penelitian ini menggunakan The Nonequivalent Pretest – Posttest Control Grup Design. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan pemberian tes pada siswa. Sedangkan analisis data awal menggunakan uji normalitas, dan uji homogenitas data. Sedangkan analisis data akhir menggunakan uji paired sample t-test, uji independent sample t-test, dan uji N-Gain. Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Solving berbantuan media Go-Math ternyata efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi barisan dan deret SMA 1 Gebog Kudus. Penerapan model pembelajaran Problem Solving berbantuan media Go-Math perlu diterapkan pada materi lainnya untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: Jayanti Putri Purwaningrum, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing II: Dr. Henry Suryo Bintoro, M.Pd.
Kata Kunci: Go-Math, Problem Solving, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 28 Feb 2024 18:50
Last Modified: 28 Feb 2024 18:50
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20437

Actions (login required)

View Item View Item