Error analysis on the use of conditional sentence type 1 found in daily assessment at eleventh-grade of sma n 1 bae kudus academic year 2022/2023

Prahardika, Sindi Prahardika (2023) Error analysis on the use of conditional sentence type 1 found in daily assessment at eleventh-grade of sma n 1 bae kudus academic year 2022/2023. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (603kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (776kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (439kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] Text (Bab 6)
BAB VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (395kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Dalam proses pembelajaran, wajar jika siswa membuat kesalahan tata bahasa. Kesalahan siswa dalam tata bahasa perlu diperbaiki dan dianalisis. Analisis sangat penting untuk mengetahui kesalahan siswa. Sehingga guru dapat memperhatikan kesalahan siswa. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan mengklasifikasikan jenis-jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas XI SMA N 1 BAE KUDUS Tahun Ajaran 2022/2023 dalam menyusun kalimat pengandaian tipe 1. Penelitian ini menggunakan penelitian konten kualitatif analisis . Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 2 SMAN 1 Bae Kudus Tahun Pelajaran 2022/2023, sedangkan sampelnya 36 siswa. Dalam teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan dokumentasi seperti penilaian harian siswa yang diberikan oleh guru bahasa Inggris. Kemudian, peneliti menganalisis dan mengklasifikasikan kesalahan siswa berdasarkan Surface Strategy Taxonomy oleh Dulay’s. Antara lain adalah ommision, addition, missformation, dan missorder. Setelah menganalisis data, peneliti menemukan 166 item yang salah dibuat oleh siswa dalam membuat kalimat pengandaian tipe 1. Proporsi (frekuensi dan persentase) kesalahan siswa adalah ommision 43 item atau 25,9%, addition 74 item atau 44, 5%, missorfmation 39 butir atau 23,4%, dan missorder 10 butir atau 6,2%. Oleh karena itu, hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa addition merupakan kesalahan tertinggi yang dibuat oleh siswa. Selanjutnya dapat disimpulkan bahwa jenis kesalahan yang paling sering dilakukan oleh siswa kelas XI IPS 2 SMAN 1 Bae Kudus Tahun Ajaran 2022/2023 dalam menulis kalimat pengandaian tipe 1 yang ditemukan dalam penilaian harian mereka adalah addition dengan persentase 44,5% item kesalahan. Addition merupakan jenis kesalahan yang paling tinggi karena siswa kurang teliti dalam memperhatikan bentuk kalimat. Terkadang siswa juga bingung menambahkan s atau es kedalam kata kerja.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1:Dr. Drs Slamet Utomo, M.Pd. Dosen Pembimbing 2: Agung Dwi NurCahyo S.S, M.Pd
Kata Kunci: Error Analysis, Conditional Sentence Type 1, Daily Assessment.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 28 Feb 2024 21:08
Last Modified: 28 Feb 2024 21:08
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20443

Actions (login required)

View Item View Item