Students’ perceptions of a french volunteer in learning speaking (an explorative study on english education department )

Sanjaya, Angga Bachtia (2023) Students’ perceptions of a french volunteer in learning speaking (an explorative study on english education department ). Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (390kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (409kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (505kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (551kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (499kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI] Text (BAB VI)
BAB VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (384kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini mengeksplorasi persepsi siswa tentang pembelajaran bahasa yang difasilitasi oleh relawan asing, secara khusus berfokus pada pandangan mereka tentang relawan Prancis. Penelitian ini terutama bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana mahasiswa memandang pengalaman belajar bahasa yang menarik. Partisipan penelitian adalah mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Muria Kudus. Metodologi penelitian kualitatif digunakan untuk analisis data, dengan desain studi eksploratori sebagai strategi penelitian yang dipilih. Pengumpulan data meliputi kuesioner dan wawancara. Temuan dari aspek sikap menunjukkan sebagian besar persepsi positif (77%), di samping tanggapan netral (21%) dan negatif (2%). Mayoritas siswa (86%) menyatakan ketertarikannya untuk menjadi relawan bahasa Prancis, dengan beberapa yang netral (13%) dan beberapa yang kurang tertarik (1%). Aspek praktis menghasilkan sebagian besar persepsi positif (75%), dengan beberapa tanggapan netral (17%) dan negatif (8%). Dari segi praktis, sebagian besar siswa (75%) merasakan dampak positif dari belajar bersama relawan bahasa Prancis. Meskipun dianggap kurang signifikan, aspek praktis tetap memainkan peran penting dalam persepsi siswa terhadap pembelajaran bahasa. Berinteraksi dengan relawan bahasa Prancis menghasilkan peningkatan kemampuan berbicara, perluasan kosakata, dan kemudahan dalam belajar bahasa Inggris. Meskipun tidak terlalu menonjol, data menunjukkan bahwa interaksi dengan sukarelawan Prancis memiliki pengaruh positif terhadap kemampuan berbicara dan kemahiran bahasa siswa. Kesimpulannya, data tersebut menyoroti pengaruh positif dari French Volunteer terhadap pengalaman belajar bahasa siswa, meningkatkan sikap, minat, dan keterampilan praktis dalam berbicara. Meskipun aspek praktis kurang menonjol karena keraguan awal siswa dan durasi program yang terbatas, program ini masih memiliki dampak positif. Temuan wawancara lebih lanjut memvalidasi dampak positif dari relawan, yang berkontribusi pada peningkatan keterlibatan siswa dan peningkatan bahasa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1: Dr. Achmad Hilal Madjdi, M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2: Dr. Ahdi Riyono S.S., M.Hum
Kata Kunci: Belajar Berbicara, Persepsi, Relawan Prancis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 29 Feb 2024 00:02
Last Modified: 29 Feb 2024 00:02
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20455

Actions (login required)

View Item View Item