Penerapan model problem based learning berbantuan media patatik dalam meningkatkan pemahaman konsep materi sudut dan simbol siswa kelas iii sd

Septiana, Eka (2023) Penerapan model problem based learning berbantuan media patatik dalam meningkatkan pemahaman konsep materi sudut dan simbol siswa kelas iii sd. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (403kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (865kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (461kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini berlatar belakang dari kurangnya pemahaman konsep siswa pada muatan pembelajaran Matematika yang dibuktikan dengan presentase ketidaktuntasan 56% dan muatan Bahasa Indonesia presentase ketidaktuntasan sebesar 50%. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep dan aktivitas belajar dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Patatik pada materi sudut dan simbol siswa kelas III SD. Model Problem Based Learning merupakan salah satu model pembelajaran yang mempunyai fokus utama memberikan masalah kepada siswa dengan tujuan dapat berpikir kritis melalui proses pemecahan masalah dalam pembelajaran yang sifatnya abstrak. Media Patatik merupakan media Papan Pintar Tematik yang digunakan untuk pembelajaran tema khususnya muatan pembelajaran Matematika dan Bahasa Indonesia. Pemahaman konsep merupakan kemampuan memahami materi untuk diungkapkan kembali dalam bentuk lainnya. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas III SDN Sumberjo dengan subjek penelitian 18 siswa dan peneliti sebagai guru. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus yang terdiri dari 2 pertemuan pada setiap siklusnya. Pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, pedoman wawancara, dan tes pemahaman konsep. Uji validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas isi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan pemahaman konsep siswa pada siklus I memperoleh presentase klasikal sebesar 61% dengan kategori cukup kemudian mengalami peningkatan pada siklus II memperoleh presentase klasikal sebesar 83% dengan kategori baik dan aktivitas belajar siswa pada siklus 1 memperoleh presentase klasikal sebesar 73% dalam kategori cukup kemudian meningkat pada siklus II memperoleh presentase klasikal sebesar 82% dalam kategori baik.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I : Diana Ermawati S.Pd, M.Pd Dosen Pembimbing I : Lintang Kironoratri S.Pd, M.Pd
Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Media Patatik, Pemahaman Konsep, Sudut dan Simbol.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 29 Feb 2024 00:56
Last Modified: 29 Feb 2024 00:56
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20461

Actions (login required)

View Item View Item